Sukses

Pesona Desa Wisata di Kabupaten Magelang yang Dijuluki Nepal van Java

Bangunan berundak membuat desa wisata di Kabupaten Magelang ini berpemandangan serupa Namche Bazaar di Nepal.

Liputan6.com, Jakarta - Bangunan berundak dengan megah panorama gunung sebagai latar belakang. Pemandangan Butuh Kaliangkrik seolah menarik imaji pelancong pada lanskap serupa di desa-desa di atas awan berlokasi di jalur pendakian tanah-tanah tinggi di Nepal, entah Everest Basecamp maupun Annapurna.

Dengan pemandangan sedemikian rupa, desa wisata berlokasi di kaki Gunung Sumbing, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ini kemudian dijuluki Nepal van Java. Mengutip laman Dream, Rabu, 28 Agustus 2020, awalnya, desa berjarak 34 kilometer dari Kota Mungkid ini semata jadi idola para pendaki.

Seiring foto dan video yang memperlihatkan panoramanya beredar di media sosial, pesona Butuh Kaliangkrik makin sulit ditolak. Walhasil, lebih banyak pelancong mampir, di mana di beberapa foto, ada yang sengaja bersepeda sembari menikmati sejuk udara sekitar.

Topografi unik bangunan di desa wisata ini pun didukung dengan nuansa hijau di sekitar. Terdapat kebun sayur yang mengelilingi Butuh Kaliangkrik.

Tak sekadar singgah, terdapat pula penginapan sederhana semacam homestay bagi mereka yang ingin bermalam. Lewat sederet unggahan di media sosial, pelancong menginfokan, tak ada tiket masuk menuju desa wisata ini.

"Cuma bayar (Rp) lima ribu buat parkir," tulis salah satu akun Instagram sebagai keterangan foto. Kendati menanjak, jalur menuju desa wisata ini cukup mulus, walau direkomendasikan membawa kendaraan pribadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Pendakian Favorit

Sebagaimana Namche Bazaar di Nepal yang merupakan desa cantik favorit di jalur pendakian Everest, Butuh Kaliangkrik juga jadi spot menarik bagi para pendaki Gunung Sumbing. Jalur ini sendiri dikatakan langsung mengarah ke Puncak Sejati.

Suasana sekitar yang masih asri, ditambah segar udara pegunungan membuat pendaki memilih jalur melalui desa tersebut. Ditambah, walau menanjak, jalurnya dikatakan masih cukup nyaman untuk dilalui.

Selain Nepal, lanskap Butuh Kaliangkrik juga dikatakan serupa dengan rumah-rumah di Rio de Janeiro maupun kawasan pedesaan di Tibet dan Bhutan. "Saran kalau ke sini jam tujuh sampai jam 10," imbuh seorang pengguna Instagram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.