Sukses

Transformasi Aktor dan Pebasket Denny Sumargo Hanya Dalam 7 Hari

Jika metode defisit kalori dilakukan secara konsisten, Anda dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu masalah yang berkembang di tengah pandemi corona Covid-19 adalah berat badan yang melonjak. Keharusan tinggal di rumah dan penutupan tempat olahraga membuat banyak orang menjalani gaya hidup tidak sehat, termasuk pola makan yang buruk dan kurang berolahraga.

Untuk membantu menurunkan berat badan ekstra dengan aman saat berada di rumah dan tanpa menggunakan alat, Denny Sumargo, yang terkenal sebagai atlet olahraga basket professional dan juga seorang aktor, membagikan beberapa tipsnya menurunkan berat badan dari 82,4 kg menjadi 78,5 kg dalam 7 hari dalam video Youtube-nya yang berjudul “Transformasi Pebasket Sombong Dalam Waktu 7 Hari”.

Simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

1. Defisit Kalori

Dalam menurunkan berat badan, Anda dianjurkan mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi. Namun, tidak hanya mengurangi porsi makan, Anda juga dianjurkan untuk memperhatikan agar jumlah kalori yang dikonsumsi lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibakar. Kondisi inilah yang disebut dengan defisit kalori.

Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh mengandung energi dalam bentuk kalori. Jumlahnya pun berbeda di setiap makanan maupun minuman. Ketika Anda mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang kita butuhkan dan bakar per harinya, maka tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak.

Kondisi itulah yang akhirnya menimbulkan kenaikan berat badan. Jadi, ketika ingin menurunkan berat badan, hal dasar yang harus Anda lakukan adalah mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, dengan metode defisit kalori.

Ketika asupan makanan berkurang, tubuh akan memakai lemak yang tersimpan untuk kemudian diubah menjadi energi. Jadi, ketika lemak berlebih yang ada di dalam tadi tubuh terus dibakar, maka Anda dapat menurunkan berat badan. Jika metode defisit kalori dilakukan secara konsisten, Anda dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

2. Konsisten Berolahraga

Untuk menurunkan berat badan dan membakar kalori berlebih dalam tubuh, Anda perlu meningkatkan aktivitas fisik. Salah satunya dengan konsisten olahraga.

Ada beberapa jenis latihan yang direkomendasikan oleh Denny Sumargo dalam videonya, yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa menggunakan alat, yaitu:

● Knee tuck

● Flutter kick

● Spiderman push up

● Cross over crunch

● Sit up● Push up

● Russian twist

● Leg raise● Plank

● Squat

Dari laporan jurnal American College of Sports Medicine’s Health & Fitness, dikemukankan bahwa latihan bodyweight merupakan cara yang cepat, efisien dan tanpa memerlukan alat bantu yang mahal, untuk membakar lemak yang berlebih dan merununkan berat badan.

Dengan porsi latihan yang tepat, latihan bodyweight membantu tubuhmu membakar lebih banyak lemak serta kamu akan segera merasakan bahwa metabolisme tubuhmu membaik 72 jam setelah melakukan latihan ini.

3. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Latihan hanya salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan membentuk otot. Untuk mengoptimalkannya, Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi. Nutrisi yang sangat diperlukan untuk membentuk otot adalah protein, dengan cara membangun blok serabut baru, yang menggunakan asam amino.

Melansir journal penelitian The National Center for Biotechnology Information, menyarankan agar mengkonsumsi 2 - 2,5 gr protein per kilogram berat badan untuk memaksimalkan proses pembentukan dan perkembangan otot. Namun, jika Anda ingin mencapai asupan protein 2 gram per kilogram berat badan, terkadang akan lebih sulit jika Anda hanya mengambil asupan protein dari makanan saja.

Denny Sumargo dalam videonya juga membagikan tips untuk memenuhi kebutuhan protein, yaitu dengan mengkonsumsi Isolene. Isolene merupakan susu whey isolate yang dirancang khusus dengan kualitas protein yang premium, rendah kalori, rendah lemak, dan zero lactose untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi para penggiat olahraga pemula, maupun penggiat fitness yang lebih advance atau atlet elite.

Selain itu, Isolene memiliki kandungan kandungan 27 gr protein dan 5,3 gr BCAA per servingnya. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh Anda memperbaiki kerusakaan otot setelah latihan, untuk dibentuk menjadi lebih kuat, lebih besar, serta menghasilkan postur tubuh atletis.

4. Istirahat

Hanya supaya tujuan terpenuhi, yaitu untuk menurunkan berat badan, jangan memaksa diri dengan berolahraga selama 7 hari dalam seminggu.

Pasalnya, proses pemulihan sama pentingnya dengan latihan. Salah satu proses pemulihan yang penting yaitu tidur cukup. Tidur sangat penting untuk mengistirahatkan dan memperbaiki jaringan otot yang mungkin lelah dan rusak selama berolahraga.

Menurut American Academy of Sleep Medicine menyarankan tidur 6-8 jam untuk orang dewasa untuk kunci untuk kesehatan yang baik.Selain itu, melansir dari jurnal penelitian tersebut, tidur memiliki manfaat yang baik bagi pertumbuhan otot, yaitu membantu dalam proses perbaikan otot dan penggantian sel-sel mati.

"Dapatkan Isolene melalui 400 distributor Evolene yang tersebar di seluruh Indonesia. Cek website evolene.co.id atau instagram @evoleneofficial atau Evolene Official Shop di Shopee. Mulailah berolahraga sekarang juga untuk mendapatkan tubuh ideal impian Anda," tukas Founder Evolene Christian Dicky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini