Mengenal 5 Tradisi Unik Saat Tahun Baru Islam 1 Muharam

Oleh Komarudin pada 20 Agu 2020, 06:03 WIB
Diperbarui 20 Agu 2020, 06:06 WIB
Kirab Kerbau Bule
Perbesar
Para abdi dalem sedang membawa salah satu pusaka yang dkirab pada malam 1 Suro di Keraton Kasunanan Surakarta,Kamis malam (21/9).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim di Indonesia, hari ini merayakan Tahun Baru Islam yang dikenal juga dengan 1 Muharam. Di berbagai daerah menggelar berbagai acara terkait Tahun Baru Islam.

Kemeriahan Tahun Baru Islam kali ini tentu boleh jadi akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena tahun ini perayaan Tahun Baru Islam masih dalam suasana pandemi corona Covid-19.

Namun, bukan berarti menghilangkan suasana khidmat dan meriah. Di berbagai daerah tentu ikut merayakan Tahun Baru Islam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sejumlah daerah bahkan memiliki tradisi unik saat perayaan Tahun Baru Islam. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah tradisi unik saat perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam.

Satu Suro

Masyarakat Jawa biasanya menyambut 1 Suro dengan meriah. Biasanya masyarakat menyalakan kembang api dan terompet. Selain itu, masyarakat juga membawa gunungan yang berisi hasil bumi. Usai dibacakan doa, warga kemudian memperebutkan gunungan tersebut dengan penuh kegembiraan.

Kerbau Bule

Lain halnya dengan Yogyakarta, di Keraton Surakarta dilakukan kiran kebo bule atau kerbau bule. Sejumlah kerbau diarak keliling kota yang diikuti oleh keluarga keraton.

2 dari 3 halaman

Tabot

Festival Tabot 2014 Meriah Digelar: Siap Menjadi Event Nasional
Perbesar
Sukses digelar, Festival Tabot siap menjadi event nasional.

Tradisi ini berasal dari Bengkulu dan disebut-sebut sudah ada sejak lama yang dilakukan oleh Syeh Burhanuddin. Acara ini juga dirayakan untk mengenang kepahlawanan serta wafatnya cucu Nabi Muhammad, Husein bin Ali Abu Thalib. Banyak yang percaya jika Tahun Baru Islam tak dirayakan, maka akan terjadi musibah.

Ngadulang

Sementara itu, di Sukabumi, Jawa Barat, terdapat tradisi Ngadulang. Acara ini merupakan lomba seni menabuh beduk. Satu tim terdiri dari tiga orang, yang bertugas untuk memukul beduk, kentongan, dan pemukul alat lainnya.

Barikan

Tradisi ini merupakan kenduri bersama warga Pati, Jawa Tengah. Masyarakat berkumpul dalam suatu tempat dengan membawa makanan dan lauk pauk dari rumah. Sebelum dimakan, masyarakan mengadakan berdoa bersama.

Mubeng Beteng

Tradisi lain yang juga dilaksanakan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam adalah mubeng beteng. Pelaksanaan acara ini biasanya peserta mengelilingi kompleks keraton Yogyakarta. Mereka melakukan itu tanpa bicara atau bersuara, makan, dan minum.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓