Teh Hijau Dapat Membakar Kalori dengan Cepat untuk Penurunan Berat Badan

Oleh Komarudin pada 19 Agu 2020, 04:03 WIB
Diperbarui 19 Agu 2020, 04:03 WIB
Ilustrasi Teh Hijau
Perbesar
Ilustrasi Teh Hijau (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan berat badan adalah proses yang panjang dan bagi mereka yang ingin melihat hasil lebih cepat, termasuk menurunkan berat badan di sekitar perut. Memasukkan teh hijau ke dalam diet dapat meningkatkan hasilnya. Teh hijau sering dikaitkan dengan penurunan berat badan selama beberapa tahun karena senyawa yang ditemukan dalam teh.

Teh hijau juga dapat membantu membuat metabolisme tubuh lebih efisien. Artinya, minuman itu dapat membakar lebih banyak kalori sepanjang hari dan selama olahraga ringan, dilansir dari laman Express, Selasa, 18 Agustus 2020.

Teh hijau dikemas dengan antioksidan dan yang umum dikenal sebagai katekin flavonoid. Ini adalah senyawa yang dapat membantu meningkatkan metabolisme saat minuman tersebut dikonsumsi setiap hari.

Senyawa lain yang ditemukan dalam teh dapat meningkatkan kadar hormon yang memerintahkan sel lemak untuk memecah lemak. Ini melepaskan lemak ke dalam aliran darah dan membuatnya tersedia untuk digunakan sebagai energi.

Teh hijau juga mengandung sejumlah kecil kafein yang merupakan stimulan terkenal yang telah ditemukan untuk membantu pembakaran lemak dan meningkatkan kinerja olahraga. Dalam sebuah penelitian, pria yang minum secangkir teh hijau sebelum berolahraga membakar lemak 17 persen lebih banyak daripada pria yang tidak.

Manfaat penurunan berat badan lain yang bisa diberikan teh hijau adalah menekan nafsu makan sehingga membantu mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari.  Defisit kalori terjadi ketika tubuh membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsinya dan mengonsumsi beberapa cangkir teh hijau setiap hari dapat membantu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori serta membantu Anda untuk makan lebih sedikit.

Minuman tersebut dikatakan sebagai salah satu minuman tersehat di dunia dan mengandung jumlah kalori yang sangat kecil yang berarti mereka yang sedang menjalani diet dapat mengonsumsi minuman tersebut tanpa harus khawatir dengan asupan kalori yang masuk. Disarankan untuk mengonsumsi sekitar dua hingga tiga cangkir sehari dan tidak lebih.

Teh hijau dapat dikonsumsi dengan berbagai cara termasuk panas, dingin, dalam bentuk bubuk dan beberapa pelangsing bahkan lebih suka menambahkan sedikit susu untuk menyamarkan rasa kuat yang dimiliki teh hijau.

Saran Para Ahli

Ilustrasi Diet
Perbesar
Ilustrasi diet (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Beberapa ahli menyarankan minum secangkir teh hijau di pagi hari untuk membantu memulai metabolisme tubuht. Ini juga dapat membantu tubuh Anda dengan menyediakan vitamin dan nutrisi penting yang dapat membantu tingkat konsentrasi.

Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi secangkir teh hijau sebelum berolahraga adalah waktu terbaik karena dapat membantu tubuh membakar lebih banyak lemak, termasuk lemak perut yang berbahaya.

Jika tujuan Anda adalah membakar lemak perut, teh hijau matcha dapat membantu menurunkan berat badan. Teh hijau matcha adalah bentuk teh hijau paling murni dan dibuat dengan menggiling daun teh menjadi bubuk. Kemudian dapat dibuat dengan mengocoknya ke dalam air panas dan disajikan dengan atau tanpa susu.

Matcha juga bisa ditambahkan ke makanan untuk menyamarkan rasanya dan Anda bisa menambahkannya ke makanan yang dipanggang, smoothie, serta mencampurkannya dengan bubur atau granola.

Dikenal secara luas sebagai makanan super, kekuatannya mengandung kafein jauh lebih sedikit daripada secangkir kopi tetapi dapat memberi tubuh Anda dorongan energi untuk membuat Anda terus berjalan sepanjang hari. Minuman hijau cerah juga merupakan bagian dari diet Sirtfood yang membantu penyanyi Adele menurunkan berat badan.

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar
Perbesar
Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓