Sukses

5 Tips Kerja dan Belajar Produktif di Rumah

Pastikan juga koneksi internet, audio, hingga webcam terjamin. Apalagi kalau harus conference call buat meeting.

Liputan6.com, Jakarta – Kerja dan belajar dari rumah (work from home, school from home) menjadi tren global beberapa waktu terakhir ini. Pemerintah Indonesia memang sudah menjalankan tahap new normal agar aktivitas ekonomi bisa sedikit demi sedikit bergerak. Namun masyarakat dihimbau menerapkan protokol kesehatan.

Meski begitu, banyak dari kita yang memilih tetap melakukan segala aktivitas di rumah, termasuk bekerja, belajar, dan bahkan beribadah agar tak terhindar dari penyebaran Covid 19.

Well, kerja di rumah sometimes bakalan lebih capek dari work from office. Begitu juga dengan belajar di rumah. Agar tidak exhausted, berikut tips and trik bekerja atau belajar di rumah yang produktif.

Bangun, mandi, terus sarapan

Anti banget, yang namanya kerja di kasur. Mau kamu udah alasan beli meja laptop buat kerja sambil rebahan atau apalah. Karena yang namanya godaan kasur itu berat, apalagi kalau yang namanya udah cium bantal.

Pokoknya setelah bangun, minumlah 400 ml air putih untuk menyeimbangkan dehidrasi tubuhmu ketika kamu tidur selama kurang lebih delapan jam. Rapikanlah kamar dengan begitu kamu akan mulai terbentuk suatu pola pikir untuk bisa menyusun agenda untuk harimu itu.

Persiapkan alat-alat kerja

Yang ini tak kalah penting. Kalau sudah duduk jangan langsung mulai kerja. Siapkan terlebih dahulu perangkat yang dibutuhkan. Pastikan juga koneksi internet, audio, hingga webcam terjamin. Apalagi kalau harus conference call buat meeting.

Tak jarang kita dituntut buka deck presentasi atau materi sambil share screen atau mengerjakan hal-hal penting seharian. Demi WFH yang lebih produktif kamu bisa investasi di laptop yang proper dan tahan lama seperti Macbook Air 2020.

Ditambah lagi, semua perangkat Apple kamu (iPhone, iPad, dan Macbook) bisa terhubung dengan AirDrop, yang memberikan akses dan pengamanan saat transfer file.

Tentukan jam istirahat

Yang namanya kerja atau belajar di rumah, juga tetap butuh istirahat. Dan tentu kita butuh yang namanya cooling down sejenak. Menurut penelitian yang dikemukakan oleh Lifehack.org, penting untuk memisahkan gadget untuk pekerjaan dan urusan pribadi. Sehingga saat belajar atau kerja, kita tidak mudah terdistraksi dengan urusan pribadi, begitu juga sebaliknya.

Saat istirahat kamu bisa mengisi waktu dengan makan siang sambil streaming film atau series seru di iPad Pro Generasi 3. Bentuknya yang compact dan ringan bikin tablet ini nyaman dibawa ke mana aja. Tablet iPad Pro 2018 dilengkapi dengan salah satu chipset tercepat Apple yakini A12X Bionic.

Chipset ini berguna untuk mereka yang suka menikmati konten. Karena iPad Pro Generasi 3 hadir dengan pilihan 11 dan 12,9 inci dengan rasio 2.388 x 1.668 piksel dan 2.732 x 2.048 piksel untuk ukuran 12,9 inci.

Bukan cuma itu, iPad Pro Gen 3 bisa jadi teman produktivitas kamu dengan bantuan smart keyboard folio dan Apple Pencil. Untuk bikin notes, belajar atau workshop online, bikin doodle photos, semua bisa dilakukan di iPad Pro Gen 3.

Chill dengan orang terdekat

Karena situasi yang belum sepenuhnya aman, melampiaskan rindu dengan orang terdekat bisa dilakukan dengan group call. Supaya pengalaman ngobrol jadi makin berkesan, AirPod Generasi 2 bisa jadi gear yang kamu andalkan. Apalagi kalau kamu emang udah nyaman banget di ekosistem Apple. AirPods 2 memiliki durasi waktu bicara (Talk Time) yang 50% lebih lama dibandingkan generasi sebelumnya.

AirPods 2 juga mendukung quick charge atau mengisi baterai secara cepat ke masing-masing earphone. Cuma pengisian daya 15 menit di dalam charging case dapat digunakan untuk 3 jam listening time, serta 2 jam talk time. Jadi ngobrol makin aktif dan produktif bersama ekosistem Apple.

Selesai kerja, jangan lupa workout!

Nilai plus dari kerja di rumah, kamu bisa mengatur waktu lebih leluasa. Jadi kamu bisa meluangkan waktu untuk olahraga. Apalagi banyak banget konten olahraga baik gratis maupun berbayar yang bisa kamu jadikan panduan workout di rumah.

Olahraga sambil dengerin musik atau podcast jadi kegiatan menyenangkan seusai kerja. Supaya pengalaman mendengarkan musik jadi maksimal, kamu bisa pakai true wireless stereo AirPods Pro. TWS terbaru dari Apple ini dilengkapi fitur Noise Cancellation yang berguna meredam kebisingan dari suara sekitar telinga.

Peredam suara ini berfungsi untuk mencegah masuknya suara dari luar supaya suara yang dihasilkan jadi lebih fokus. Mau nonton atau video call nggak bakal terganggu suara dari luar earphone.

Itu tadi tips and trik supaya kerja atau belajar di rumah jadi makin produktif. Semua produk tadi bisa kamu beli di iBox. Untuk mendapatkan penawaran menarik kamu bisa kunjungi langsung iBox terdekat.

Seperti yang dianjurkan Pemerintah, retail iBox di seluruh Indonesia menerapkan protokol kesehatan untuk menjamin keamanan dan kesehatan konsumen dan juga karyawan.

Staff iBox juga menggunakan masker dan pelindung wajah, membatasi jumlah pengunjung, menjaga jarak antrian kasir minimal 1 meter, mengukur suhu konsumen yg akan masuk tidak lebih dari 37.3 C, dan tidak lupa juga menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan sesuai himbauan pemerintah.

Hand sanitizer juga disediakan di berbagai sudut di dalam store, Dengan menerapkan protokol kesehatan memastikan customer tetap aman dan nyaman berada di iBox. Pastikan kamu mengikuti protokol kesehatan dan selalu memakai masker di store iBox ya!

Kabar gembiranya buat kamu yang penasaran soal product knowledge Apple, iBox Indonesia akan mengadakan iBoxing Week. Jadi buat kamu yang masih penasaran atau pengen tahu lebih jauh soal iPad, Macbook Air 2020, iPhone, dan AirPods bisa langsung meluncur ke iBoxing Week tahun ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, iBoxing Week 2020 akan diadakan secara online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini