5 Tips Membakar Kalori Menjelang Tidur

Oleh Henry pada 19 Agu 2020, 00:02 WIB
Diperbarui 19 Agu 2020, 00:02 WIB
Mengubah Posisi Tidur
Perbesar
Ilustrasi Mendapat Mimpi Buruk Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta -  Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk membakar kalori. Di saat pandemi corona COVID-19, kita memang lebih banyak berada di rumah.  Namun dengan gerakan terbatas, bukan berarti tidak banyak yang bisa dilakukan, begitu juga dengan membakar kalori yang ternyata tak harus selalu dengan kegiatan fisik.

Selain aktivitas fisik, ternyata tidur dapat membakar kalori pada tubuh. Pada saat tubuh terlelap, proses pembakaran kalori tetap berlangsung.  Kalau Anda ingin proses pembakaran kalori saat tidur lebih optimal, ada sejumlah kiat yang harus Anda lakukan.

Dilansir dari laman Times of India, setidaknya ada lima tips untuk membakar kalori dengan optimal menjelang dan saat kita tidur.

Mandi Air Hangat

Beberapa orang mungkin sering melakukan mandi hangat sebelum terlelap. Dengan mandi air hangat sebelum tidur, ternyata bisa membantu meredakan ketegangan otot dan dapat memperbaiki kualitas tidur.

Selain itu, mandi air hangat juga bisa memberikan ketenangan pada pikiran serta membantu tubuh untuk membakar lemak serta kalori saat tidur.

Latihan Otot

Dengan melakukan latihan otot atau biasa disebut kardio, dapat membakar kalori pada tubuh Anda. Olahraga kardio juga bisa membantu meningkatkan metabolisme dan dapat membakar lemak serta kalori lebih cepat saat sedang beristirahat atau tidur. Alasannya, pembakaran lemak akan terus terjadi sampai 24 jam walaupun tubuh melakukan istirahat atau tidur.

Kurangi Penggunaan Gawai

Kalau ingin menurunkan berat badan, sebaiknya kurangi penggunaan gawai di malam hari. Sejumlah studi menemukan paparan sinar biru pada ponsel di malam hari ternyata dapat mengganggu produksi melatonin dalam tubuh.

Melatonin sendiri berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur. Karena itu paparan sinar biru dapat menghambat pembakaran lemak tubuh hingga dapat menyebabkan penambahan berat badan.

2 dari 3 halaman

Hindari Alkohol

ilustrasi minuman manis harus dihindari untuk asam urat/pexels
Perbesar
ilustrasi minuman manis harus dihindari untuk asam urat/pexels

Minum segelas anggur maupun cocktail menjelang tidur tidak baik untuk berat badan Anda. Kebiasaan itu juga bisa menghambat kemampuan tubuh memproses pembakaran kalori. Hal ini terjadi karena tubuh sedang fokus terhadap metabolisme alkohol di malam hari.

Makan Sedikit

Anda mungkin suka makan beberapa jam menjelang tidur. Hal itu tak jadi masalah asalkan Anda makan dengan porsi sedikit dan tidak banyak mengandung lemak maupun bahan makanan yang kurang menyehatkan.

Menyantap makanan dengan porsi sedikit sepanjang hari dapat memberikan nutrisi pada tubuh secara teratur serta dapat membantu menstabilkan gula darah.  Selain itu, bisa mempercepat metabolisme sepanjang hari dan membuat tubuh terus melakukan pembakaran lemak di malam hari.

20170419-Infografis menata kamar tidur05
Perbesar
Sekalipun tujuannya sebagai dekorasi, hindari penggunaan karpet yang hanya menutupi sebagian area dari tempat tidur Anda.
3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓