Sukses

Pertemuan Mengharukan Anne Avantie dan Kakek Pejuang yang Sempat Terlupakan

Pertemuan pertama Anne Avantie dan kakek pejuang itu terjadi pada 10--15 tahun lalu, tetapi ia tak sadar jika sang kakek adalah seoraang veteran.

Liputan6.com, Jakarta - Desainer kebaya Anne Avantie memiliki beragam cara untuk merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya bersilaturahmi dengan seorang kakek yang juga merupakan pejuang kemerdekaan.

Sebuah video berdurasi sekitar tiga menit yang diunggah di akun Instagramnya menampilkan momen pertemuan mengharukan desainer asal Semarang tersebut dengan Kakek Soegiarno. Menurut Anne, Kakek Soegiarno merupakan salah satu tokoh di balik penyebaran berita kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Sebenarnya, itu bukan pertemuan pertama sang desainer dengan veteran berusia 91 tahun. Pertemuan pertama terjadi sekitar 10--15 tahun lalu. Saat itu, ia mendengarkan suara sang kakek pejuang saat bernyanyi di restoran.

"Saya tahunya orangtua suaranya bagus, nyanyi di restoran-restoran. Saya tidak tahu kalau pejuang kemerdekaan (maafkan saya eyang)," tulis Anne dalam akun Instagramnya.

Meski belum mengenal, ia kerap memesankan dua menu untuk Kakek Soegiarno, yakni nasi goreng dan bandeng bakar. "Yang saya sudah lupa 100%," sambung Anne.

Jelang HUT ke-75 RI, ibunda desainer Intan Avantie tersebut terpikir untuk berbagi bersama veteran. Ia pun meminta bantuan rekannya agar dipertemukan dengan para pejuang kemerdekaan yang bahkan ia sendiri tak mengetahui namanya.

"Bertapa harunya saya, beliau ketika tau saya Anne Avantie, beliau nggak menyangka saya datang. Padahal, saya juga sebenarnya tidak tau," kata Anne.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Sang Kakek

Dalam kebingungan, keduanya saling bertukar cerita. Sang kakek bahkan sempat mengatakan tak akan pernah melupakan kebaikan Anne Avantie.

Ia juga sempat menitipkan sejumlah nilai kehidupan pada perempuan yang selalu bersanggul itu. Kakek Soegiarno menyebut bahwa bangsa ini merdeka bukan karena senjata, tetapi berkat semangat. Karena itulah, ia mengajak seluruh warga bangsa untuk tetap bersemangat dalam menjalani kehidupan.

"Saya sungguh diberkati. Terima kasih Tuhan saya sudah diijinkan untuk berbagi dengan eyang-eyang veteran pahlawan kemerdekaan," tulisnya lagi.

Memanfaatkan momen perayaan ulang tahun RI, Anne juga membuatkan sejumlah APD Merah Putih untuk para tenaga medis di RS Kariyadi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.