Sukses

5 Manfaat Berenang di Saat Pandemi Corona

Tak melulu untuk menjaga imunitas, tapi ada juga manfaat lain dari berenang saat pandemi belum berlalu.

Liputan6.com, Jakarta -  Sebagian masyarakat mungkin masih enggan untuk berenang. Banyak yang masih, bertanya-tanya apakah virus corona Covid-19 bisa menular di kolam renang, terutama kolam renang untuk umum.

Dilansir dari laman New York Post, sampai saat ini, belum ada bukti kalau wabah Covid-19 bisa menyebar melalui air kolam renang. Dan bahkan Anda mungkin bisa lebih aman berenang di kolam di luar ruangan karena memiliki risiko lebih kecil dibandingkan kolam renang indoor.

Di banyak negara, termasuk Indonesia, fasilitas kolam renang umum sudah banyak dibuka kembali. Setelah lama ditutup, antusiasme untuk berenang cukup tinggi karena selama ini harus lebih banyak berada di rumah.

Berenang memang punya banyak manfaat. Di antaranya bisa membuat badan menjadi lebih sehat dan bugar. Selain itu, ternyata ada manfaat positif lainnya yang bisa diambil dari kebiasaan berenang saat pandemi Covid-19. Tak melulu untuk menjaga imunitas, tapi ada juga manfaat lain.

Seperti dilansir dari Asia One, setidaknya ada lima manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan berenang saat pandemi Covid-19. Apa saja?

Meningkatkan daya tahan tubuh

Saat berada di dalam air, Anda akan mengerahkan otot yang berbeda tergantung pada gaya yang dilakukan. Air akan menambah daya tahan terhadap usaha yang dilakukan. Berenang akan membuat tubuh Anda bekerja lebih keras.

Meningkatkan kecepatan

Biasanya perenang pemula kesulitan dalam berenang dari satu sisi ke sisi lainnya. Seseorang biasanya cenderung terlalu cepat di awal dan berujung kelelahan di tengah jalan. Berenang dengan rutin bisa membantu kita mempertahankan kecepatan yang konsisten.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menurunkan risiko terkena cedera

Dengan tendangan terus-menerus ke dalam air, pergelangan kaki dan fleksor pinggul seseorang menjadi lebih fleksibel dan kuat. Nantinya kondisi ini akan membantu kita menurunkan risiko cedera kaki.

Membangun kekuatan tubuh bagian atas

Berenang membantu menguatkan bahu dan otot Anda di tubuh bagian atas yang tentunya dapat menguntungkan keseimbangan dan kinerja Anda secara keseluruhan.

Mempercepat proses pemulihan

Anda dapat melatih otot kardiovaskular tanpa dampak yang berat. Kalau merasa terlalu sakit untuk menggunakan treadmill, maka berenang dapat membantu mengurangi peradangan otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.