Sukses

Tips Belanja Online Cerdas di Masa Pandemi

Jangan terlalu sering membuka situs belanja daring biar tidak tergoda beli barang-barang tidak penting.

Liputan6.com, Jakarta Selama pandemi, bisa dibilang banyak tren baru yang bermunculan dan terus meningkat. Mulai dari bercocok tanam, bersepeda, tidak ketinggalan juga berbelanja online.  Meskipun Pemerintah Indonesia sudah melonggarkan tempat umum seperti pusat perbelanjaan, belanja daring menjadi pilihan agar konsumen tetap berbelanja tapi nggak terpapar Covid 19.

Menukil data Bain & Company dan Facebook, kawasan Asia Tenggara mengalami peningkatan pembelian online selama pandemi COVID-19, dan ini akan terus mengalami peningkatan setelah pandemi.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga, karena nggak ada “hiburan” lain di rumah, kamu jadi kalap belanja. Hmmmm, berikut ini tips belanja gadget cerdas dan aman selama pandemi. Yuk, disimak!

Belanja yang dibutuhkan

Sama seperti kita belanja offline, belanjalah sesuai kebutuhan. Pikir dan pertimbangkan barang-barang apa aja yang lagi kamu butuhkan. Laptop atau tablet buat WFH di rumah? Atau bluetooth speaker buat yoga? Keputusan ada di tangan kamu.

Kalau mengikuti kebutuhan kamu yang gampang laper mata biar kalap. Padahal anggaran belum tentu memadai. Jangan terlalu sering membuka situs belanja daring biar tidak tergoda beli barang-barang tidak penting.

Teliti dalam membaca produk

Percaya tidak percaya hal ini masih sering terjadi di Indonesia, lho. Pastikan kamu menjadi konsumen yang cermat membaca spesifikasi produk. Untuk menghindari sesal dan gelisah saat barang yang sampai ke rumah tidak sesuai ekspektasi, baca baik-baik deskripsi kualitas, kuantitas, bahan, warna, ukuran dan hal lainnya.

Sebagai pembeli kamu harus punya product knowledge yang cukup. Ingat juga prinsip ada harga ada rupa.

Cari penjual menawarkan garansi resmi

Saat ingin membeli, pastikan kamu membelinya di toko yang menawarkan garansi resmi karena akan mempengaruhi layanan purna jual jika terjadi kendala atau masalah. Seperti toko online www.eraspace.com. Eraspace memberi jaminan garansi resmi dan pengalaman extraordinary dalam belanja online. Karena saat berbelanja kamu bisa dapet informasi produk yang kamu mau lewat diskusi dan product knowledge.

Di Eraspace, banyak program promosi yang dijalankan untuk menjangkau kebutuhan gadgetmu seperti Eraspacetival yang hadir lagi di tahun ini!

Enaknya belanja di Eraspace kamu juga bisa dapat point yang dipakai buat belanja di Erajaya Group. Caranya kamu cukup daftar member Eraclub. Kumpulkan point dan redeem dengan berbagai macam special privilege dari Eraclub seperti potongan harga berbelanja produk Erajaya Retail Group dan benefit dari merchant partner Eraclub.

Tak ketinggalan, ada shopping option delivery yang bisa kamu pilih. Mau Eraxpress, Click & Pick Up atau delivery biasa yang bisa kamu pilih. Dengan EraXpress, pesanan akan diantar secara instan karena melalui store terdekat di daerahmu. Eraspace menerapkan sanitasi terhadap produk saat proses pengiriman sehingga produk aman digunakan.

Mau belanja online dan ambil langsung ke store Erafone? Belanja di Erafone lebih mudah dengan Click & Pick Up! Hanya dengan klik gadget yang kamu inginkan, kamu bisa langsung pick up di store erafone!

Simpan baik-baik informasi pribadi

Apalagi buat kamu yang mengandalkan banget Kartu Kredit. Jangan simpan informasi kartu kredit di website belanja. Supaya kamu terhindar dari penyalahgunaan informasi kartu kredit oleh orang lain, misalnya untuk berbelanja tanpa sepengetahuan kita.

Kalau muncul pertanyaan apakah ingin informasi kartu kredit "diingat" atau disimpan secara otomatis untuk memudahkan pembelian di kemudian hari, pastikan untuk mengklik "tidak". Supaya lebih aman lagi, jangan lupa log out saat belanja via website.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini