Sukses

Big Bad Wolf dan Jakarta Sneakers Day Ramaikan Lapak di Tokopedia

Gelaran bazar buku ini sekaligus menyambut ulang tahun ke-11 Tokopedia.

Liputan6.com, Jakarta - Bazar buku Big Bad Wolf bakal hadir kembali secara daring dan eksklusif di e-commerce Tokopedia mulai 7--17 Agustus 2020. Gelaran tersebut dilaksanakan untuk menyambut HUT ke-75 RI sekaligus ulang tahun Tokopedia yang ke-11.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia Uli Silalahi menyebut, pada 2019 pihaknya sukses mengadakan bazar buku Big Bad Wolf di tujuh kota besar di Indonesia. Sebut saja di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan dan Makassar.

"Namun kami masih belum bisa menjangkau seluruh permintaan masyarakat untuk menggelar Bazar Buku di kota mereka, dengan adanya Bazar Buku Online di Tokopedia kami telah berhasil menjangkau pelanggan dari Aceh hingga Papua dalam Bazar Buku Online Juni di tahun 2020 ini," kata Uli.

Kehadiran bazar buku online di Tokopedia ini, Uli berharap anak-anak Indonesia lebih gemar membaca. "Agar kelak anak kita dapat merdeka dari ketidaktahuan, lebih kritis dan tidak mudah terprovokasi karena memiliki bekal ilmu, karena buku adalah jendela dunia," lanjutnya.

"Antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat Indonesia dalam mengikuti Bazar Buku Online Big Bad Wolf selama 27 April--3 Mei dan 24--30 Juni lalu mendorong Tokopedia dan Big Bad Wolf untuk menghadirkan kembali Bazar Buku Online Big Bad Wolf untuk ketiga kalinya mulai dari 7--17 Agustus ini," kata AVP of Business Tokopedia, Jessica Stephanie Jap.

Jessica melanjutkan, masyarakat pada kesempatan ini dapat menikmati pilihan buku dan penawaran menarik yang lebih banyak untuk menunjang kegiatan membaca bersama keluarga selama di rumah. Sekaligus, meningkatkan literasi, serta pendidikan secara umum, lewat pemanfaatan teknologi.

"Harapannya, kolaborasi eksklusif dengan Big Bad Wolf bisa terus mempermudah masyarakat dari Sabang sampai Merauke mendapatkan akses lebih luas terhadap buku, dan lebih lanjut, mendatangkan kehidupan yang lebih baik melalui pendidikan yang lebih baik," tambahnya.

Bazar buku Big Bad Wolf juga menghadirkan beragam suguhan menarik. Mulai dari stok dua kali lebih banyak, lomba ulasan buku berhadiah, diskon lebih besar hingga bebas ongkir ke seluruh Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jakarta Sneaker Day

Sementara, Jakarta Sneaker Day (JSD) sebelumnya telah terlebih dahulu meramaikan lapak Tokopedia pada 27--30 Juli 2020 lalu. Pelaksanaan ini merupakan kolaborasi kedua antara JSD dan Tokopedia.

Berdasarkan siara pers yang diterima Liputan6.com, VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, menyebut pegiat usaha yang memanfaatkan kanal daring diharapkan dapat lebih tangguh mempertahankan bisnis di tengah pandemi. JSD, jadi salah satunya.

"JSD adalah contoh pegiat usaha yang mengakselerasi adopsi platform digital Tokopedia untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, serta berkontribusi memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi," lanjutnya.

Gelaran JSD sebelumnya berlangsung secara offline sepenuhnya dan mulai secara daring untuk pertama kali pada 28--29 Maret 2020 yang juga di Tokopedia. Data internal Tokopedia menunjukkan nilai transaksinya meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan yang pertama.

Kesuksesan ini salah satunya didorong oleh pemanfaatan Tokopedia Play, kanal video streaming yang diluncurkan Tokopedia pada 2019. "Pemanfaatan Tokopedia Play bertujuan membantu pegiat usaha, seperti JSD, menjangkau masyarakat dengan cara yang lebih interaktif dan atraktif, mengingat saat ini kita di tengah era social commerce, di mana masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil berbelanja," ungkap Nuraini.

Project Director JSD, Vito Wira Evendye, menyampaikan bersama Tokopedia, JSD Future Format Volume 2 dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia di tengah adaptasi kebiasaan baru. Hal ini sekaligus mendorong industri fesyen yang saat ini terdampak pandemi.

"Pemanfaatan Tokopedia Play juga menjadi salah satu langkah kami untuk menginspirasi lebih banyak pegiat usaha dalam mendukung kemajuan industri fesyen dan skena pop-culture di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi," tambahnya.

Pemanfaatan platform Tokopedia secara umum di sisi lain telah membantu para kreator lokal dan internasional, dalam hal ini di kampanye JSD, untuk menjangkau lebih banyak masyarakat, termasuk yang ada di NTT, Maluku dan Papua. Produk hasil kreator lokal, seperti sepatu, tas ransel dan masker kain bermotif, menjadi yang paling populer.

"Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia akan terus memberikan panggung seluas-luasnya untuk membantu para pegiat usaha di Indonesia bisa terus berkolaborasi dan berinovasi untuk beradaptasi di tengah pandemi," tutup Nuraini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.