Inspirasi Makeup agar Tetap Cantik di Masa Pandemi

Oleh Putu Elmira pada 04 Agu 2020, 18:01 WIB
Diperbarui 04 Agu 2020, 18:01 WIB
Ilustrasi Makeup
Perbesar
Ilustrasi makeup (dok. Pixabay.com/kinkate/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Ketika pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia, masyarakat diajak beradaptasi dengan beragam kebiasaan baru. Selain menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker juga face shield saat ke luar rumah, inspirasi pemakaian makeup turut bergeser.

Tak dapat dipungkiri, penggunaan masker dan face shield hanya memperlihatkan sebagian kecil bagian wajah. Kendati demikian, ada beberapa tips, termasuk produk makeup yang dapat dimaksimalkan pemakaiannya sehingga tetap tampil menawan meski di tengah pandemi.

Makeup Director Sociolla Archangela Chelsea menyampaikan beberapa trik agar makeup lebih tahan lama, walau mengenakan masker. Di sisi lain, juga mempertimbangkan kesehatan kulit wajah dengan menghindari pemakaian produk berbahan yang bisa menyebabkan jerawat.

"Cari semua produk yang waterproof untuk mata dan alisnya. Pastikan waterproof karena kalau pakai face shield pasti ada area alis yang kena," kata Chelsea dalam bincang daring bersama Sociolla, Selasa (4/8/2020).

Untuk complexion, Chelsea menyebut harus memperhatikan terkait pengaplikasian foundation dan cushion agar tidak transfer atau membuat kulit berjerawat. Sebut saja dengan penggunaan produk-produk yang lebih ke arah matte dan light.

"Karena semakin heavy produknya, pasti akan clogging pores ditambah (memakai) masker pasti akan bisa jerawat. Jadi, yang light dan lebih matte jadi tidak transfer," tambahnya.

Di masa pandemi seperti saat ini, banyak yang mengalami masalah kulit kering juga berjerawat. Dikatakan Chelsea, kulit kering harus terhidrasi dengan pelembap yang lebih creamy, sementara untuk yang berjerawat justru sebaliknya.

"Yang berjerawat lebih cenderung produk-produk yang matte atau oil-free yang lebih dibutuhkan. Foundation cari yang oil-free atau matte finish untuk membantu mengurangi minyak berlebih yang mengakibatkan jerawat," kata Chelsea.

2 dari 3 halaman

Tren Kecantikan Berdasarkan Kepribadian

Ilustrasi Makeup
Perbesar
Ilustrasi makeup (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Chelsea juga telah membuat trend beauty personality untuk perempuan Indonesia yang terdiri atas empat bagian. Mulai dari The Active Champs, bagi perempuan Indonesia yang aktif seperti mereka yang suka olahraga.

"Look-nya basically memberi warna tapi bermain di mata nuansa lebih fun tapi enggak too much," ungkapnya.

Berlanjut pada The Cool Cat, orang Indonesia yang kerap menggunakan eyeliner, tetapi tak ingin terlihat biasa saja. Bisa juga dengan menggabungkan nuansa pink dan putih.

"The Kind Darling, untuk orang-orang yang baru belajar makeup mau kelihatan natural saja, glowing skin hanya pakai maskara saja, menggabungkan warna peach yang membuat terlihat segar," lanjutnya.

Terakhir, The Smart Chic, yakni bagi mereka yang on-the-go tetapi masih harus kelihatan presentable. Maka dari itu, ini sangat cocok bagi mereka yang bekerja atau perempuan berkarier. Sentuhan lipstik dan alis bold jadi ciri khas dari tren ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓