Makan Tahu Gejrot dengan 130 Cabai Rawit, Food Vlogger Indonesia Disorot Media Asing

Oleh Henry pada 04 Agu 2020, 13:02 WIB
Diperbarui 04 Agu 2020, 13:02 WIB
Makan Tahu Gejrot dengan 130 Cabai, Food Vlogger Indonesia Disorot Media Asing
Perbesar
Makan Tahu Gejrot dengan 130 Cabai, Food Vlogger Indonesia Disorot Media Asing. (dok.Instagram @sibungbung/https://www.instagram.com/p/CC0bwlWDc6J/Henry)

Liputan6.com, Jakarta -  Orang Indonesia banyak yang menyukai makanan pedas. Rasanya belum lengkap makan kalau tidak cabai atau sambal. Makanan bercita rasa pedas menjadi salah satu makanan yang membuat banyak orang penasaran.

Punya penggemar tersendiri, tingkat kepedasan yang menantang banyak ditawarkan para penjual makanan di Indonesia. Namun, apa yang dilakukan seorang food vlogger perempuan asal Jakarta ini terbilang luar biasa dan mungkin hanya sedikit orang yang berani melakukannya.

Dari video yang diunggah di akun Instagram @sibungbung, terlihat seorang perempuan menenteng plastik berisi cabai rawit hijau. Food vlogger ini kemudian menghampiri seorang penjual tahu gejrot di daerah Taman Palem Lestari, Jakarta Barat.

Kepada sang penjual, sang wanita memesan satu porsi tahu gejrot. Menariknya, porsi tahu yang ia pesan tersebut bukanlah porsi biasa. Pasalnya, level pedas yang dimintanya tak tanggung-tanggung, yaitu 'pedas mampus'.

Diketahui dari unggahan yang ada, level pedas mampus itu awalnya menggunakan 90 cabai rawit hijau. Namun, penjual tahu gejrot menambahkan cabai hingga berjumlah 130 buah. 

"Sadissss abangnya iseng banget, minta level pedes mampus yang 90 cabe rawit ... malah dibikinin 130 cabe rawit," tulis akun @sibungbung.

Tertantang untuk mencicipinya, ia pun mulai melahap makanan khas Cirebon ini. Setelah beberapa kali suapan, sang food vlogger mengakui kalau tahu gejrot tersebut sangat pedas dan tak sanggup menghabiskannya.

"Ini pedes banget, gakuattt," ujarnya bercucuran keringat.

Video tersebut sempat menjadi viral dan sudah dilihat lebih dari 1,8 juta kali sejak diunggah pada 19 Juli 2020. Kalau dilihat di akun Instagramnya, food vlogger ini beberapa kali mengunggah foto maupun video menyantap makanan dengan banyak cabai.

Dampak Makan Pedas Berlebihan

Makan Tahu Gejrot dengan 130 Cabai, Food Vlogger Indonesia Disorot Media Asing
Perbesar
Makan Tahu Gejrot dengan 130 Cabai, Food Vlogger Indonesia Disorot Media Asing. (dok.Instagram @sibungbung/https://www.instagram.com/p/CC0bwlWDc6J/Henry)

Tak hanya di dalam negeri, konten tersebut ternyata juga menjadi bahasan sebuah media asing yaitu World of Buzz dari Malaysia. Lewat judulnya 'Indonesian Food Vloggers Are Eating Chili Milkshakes & We’re Feeling The Burn', media itu memberi peringatan tentang kebiasaan menyantap makanan yang terlalu pedas.

Dalam artikel yang dimuat pada 27 Juli 2020, media itu menyatakan mengonsumsi makanan pedas diakui dapat meningkatkan nafsu makan dan menyatakan kekagumannya pada keberanian food vlogger Indonesia yang mampu mengonsumsi cabai rawit dalam jumlah sangat banyak.

Namun, mereka juga mengutip sebuah studi yang menyatakan makan pedas berlebihan tidak akan baik bagi kesehatan. Menurut penelitian, mengonsumsi cabai berlebihan bahkan dapat membuat kehilangan ingatan.

Selain itu, terdapat fakta bahwa makan terlalu banyak cabai bisa menyebabkan tukak lambung, yang amat buruk bagi kesehatan. Makan pedas atau dengan cabai sepertinya tak terlalu masalah, asalkan jangan sampai ratusan cabai.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓