Sukses

Deretan Rasa Jamu Milenial untuk Penambah Imunitas, Baru Dibuat Setelah Dipesan

Kehadiran jamu milenial itu diharapkan bisa mengubah persepsi kurang menyenangkan dari konsumen terhadap jamu.

Liputan6.com, Jakarta - Jamu kembali naik daun di masa pandemi. Masyarakat percaya bahwa minuman herbal tradisional Indonesia itu mampu diandalkan untuk menjaga kesehatan di tengah meningkatnya risiko penularan Covid-19.

Banyak jalan untuk mengonsumsi jamu. Bila mau sedikit repot, Anda bisa membuatnya sendiri dengan membeli bahan-bahan di pasar. Cara membuatnya relatif mudah lantaran bahan-bahan jamu hanya perlu diparut atau diiris kemudian direbus selama beberapa waktu.

Ada pula jamu instan yang hadir dalam berbagai bentuk. Salah satunya dihadirkan oleh Mustika Ratu lewat brand Jejamu. Dengan kemasan kekinian, Jejamu hadir untuk menciptakan budaya ngejamu yang bisa diterima kalangan milenial.

Diluncurkan setahun lalu, Jejamu awalnya disajikan dalam konsep pop up bar di acara Indonesia Trade & Investment Summit 2019. Inovasi terus berlanjut dengan menghadirkan jamu van saat ulang tahun pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo pada 5 Januari 2020. 

"Saat ini, tren back to nature dan kampanye cintai produk lokal juga sudah mulai kembali marak di kalangan milenial. Jadi, kami rasa milenial merupakan target yang sangat cocok untuk Jejamu," kata Direktur Business Development & Innovation PT Mustika Ratu Tbk, Kusuma Anjani, dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Rabu, 29 Juli 2020.

Karena menyasar milenial, jamu racikan Mustika Ratu diformulasi agar naik kelas. Selain itu, kemasannya dibuat secantik mungkin agar tak kalah dengan minuman kopi yang lebih dulu populer.

Rasa pahit yang selama ini lekat dengan citra jamu, tak terasa sama sekali di lima varian Jejamu yang fresh delivery. Lebih segar lagi bila jamu didinginkan dulu sebelum dikonsumsi. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rasa dan Manfaat

Kusuma menyatakan konsep fresh delivery berbeda dengan minuman jamu siap minum yang lebih dulu dihadirkan Mustika Ratu. Produk baru dibuat setelah ada pesanan dari konsumen.

"Jadi, ketahanan produknya maksimal hanya sampai lima hari," kata dia.

Ada lima varian yang bisa dipesan, terdiri dari kunir asam, coco pandan latte, temulawak latte, golden turmeric latte, dan jahe merah sereh. Seluruh jamu bisa dipesan di Jejamu kitchen lewat Grab Food, atau melalui Whatsapp Business.

Masing-masing jamu memiliki khasiat berbeda. Kunir asam berkhasiat mengurangi resiko kerusakan sel akibat kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meredakan nyeri haid. Sementara, Coco Pandan Latte berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi stress, mengurangi resiko diabetes, dan meningkatkan stamina dan energi.

Berikutnya, temulawak latte berkhasiat sebagai anti-radang, anti-bakteri dan jamur, membantu mengatasi masalah pencernaan, dan membantu memelihara kesehatan fungsi hati. Sedangkan, golden turmeric latte berkhasiat untuk meredakan nyeri sendi, menghangatkan tubuh, memberikan energi, menghilangkan pegal linu, dan mengandung antioksidan dan antibakteri.

Terakhir, jahe merah sereh berfungsi menambah stamina dan menghangatkan tubuh. "Saat ini baru bisa dijangkau di area Jakarta, Depok, dan Bekasi," ujar Kusuma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.