Dibeli Seharga Rp4 Miliar, Gaun John Travolta Milik Putri Diana Bakal Dipamerkan Lagi

Oleh Putu Elmira pada 29 Jul 2020, 16:03 WIB
Diperbarui 29 Jul 2020, 16:03 WIB
Gaun Beludru Putri Diana Dilelang 6 Triliun, Siapa Mau Beli?
Perbesar
Simak seperti cerita di balik pelelangan gaun beludru Putri Diana (Foto: instagram/chichappensboston)

Liputan6.com, Jakarta - Putri Diana memang telah tiada, namun beragam hal mengenainya akan selalu menjadi kenangan. Salah satunya adalah gaun ikonis yang akan segera dipajang kembali setelah Inggris memberlakukan lockdown berbulan-bulan.

Dilansir dari laman Daily Star, Rabu (29/7/2020), gaun tersebut dibeli Historic Royal Palaces seharga 220 ribu pound sterling atau sekitar Rp4 miliar pada Desember lalu. Saat ini, gaun yang kerap disebut "gaun John Travolta" tersebut jadi daya tarik di bekas rumah Diana, Istana Kensington.

Istana di Kensington Gardens, Kensington, London, Inggris ini akan dibuka kembali untuk umum pada esok hari, Kamis, 30 Juli 2020. Sementara, Putri Diana mengenakan gaun beludru biru ke White House Gala pada 1985 silam.

Dalam balutan gaun rancangan Victor Edelstein itu, Putri Diana berdansa bersama aktor ternama John Travolta. Potret keduanya tengah berdansa jadi berita utama di seluruh dunia dan mengabadikan gaun itu di mata publik.

Momen tersebut ternyata meninggalkan kesan manis bagi Travolta. Pemain film Pulp Fiction ini lantas menggambarkan pengalaman itu seperti cerita dongeng.

"Kami senang dapat menyambut pengunjung kembali ke istana lagi Kamis ini. Istana Kensington dibangun untuk dinikmati ratusan orang dan sedih melihatnya begitu sunyi selama beberapa bulan terakhir," kata Kepala Istana Kensington, Sam Owen.

Selain gaun Putri Diana yang kembali dipamerkan, Owen melanjutkan, ia dan tim tidak sabar menyambut kembali pengunjung dan memberi sambutan kerajaan yang sesuai. "Setiap kunjungan merupakan kontribusi penting untuk membantu kami memelihara gedung yang indah ini untuk generasi mendatang," tambahnya.

 
2 dari 3 halaman

Istana Kensington Kembali Dibuka

Seorang staf di balai lelang Kerry Taylor Auction di London, 15 Maret 2013, berpose dengan gaun malam Victor Edelstein (tengah) yang digunakan Putri Diana dalam acara jamuan makan malam kenegaraan di Gedung Putih pada 1985.
Perbesar
Seorang staf di balai lelang Kerry Taylor Auction di London, 15 Maret 2013, berpose dengan gaun malam Victor Edelstein (tengah) yang digunakan Putri Diana dalam acara jamuan makan malam kenegaraan di Gedung Putih pada 1985. (AFP)

Gaun ikonis yang bakal dipajang tersebut awalnya diceritakan bernuansa burgundy. Namun, Putri Diana meminta sang desainer membuatnya dalam nuansa biru. Gaun itu tak mencapai harga cadangannya sebesar 200 ribu pound sterling saat dilelang.

Padahal, harga lelang yang diperkirakan berada di kisaran 250 ribu pound sterling hingga 350 ribu pound sterling di Passion for Fashion sale di Kerry Taylor Auctions, London. Gaun ini kemudian dijual pascalelang seharga 220 ribu pound sterling ke Historic Royal Palaces.

Historic Royal Palaces merupakan badan amal yang merawat sejumlah bangunan bersejarah, termasuk Istana Kensington. Istana ini ditutup pada Maret sebagai upaya mencegah transmisi Covid-19.

Sejak itu, istana jadi sunyi. Tempat tinggal kerajaan selama lebih dari 300 tahun itu adalah tempat kelahiran Ratu Victoria dan rumah Duke dan Duchess of Cambridge di London.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓