Sukses

5 Kiat Atasi Bau Mulut Saat Kenakan Masker

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi seperti saat ini, mengenakan masker merupakan salah satu upaya untuk menekan penyebaran corona Covid-19. Namun, tak sedikit pula keluhan yang pastinya dirasakan oleh sebagian orang, salah satunya bau mulut.

Lantas, apa yang menyebabkan bau mulut ketika mengenakan masker? "Masker tidak membuat kita memiliki bau mulut. Hal itu membuat kita lebih sadar bahwa kita memiliki bau mulut," kata dokter gigi, Mark S. Wolff, seperti dilansir dari Asia One, Minggu, 26 Juli 2020.

Lalu, apa saja cara untuk mengatasi bau mulut saat mengenakan masker? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Tarik napas lebih sedikit melalui mulut Anda

Anda mungkin secara tidak sadar menggunakan mulut Anda untuk bernapas lebih banyak ketika Anda mengenakan masker ketika hidung tertutup. Hal ini juga terjadi jika hidung Anda tersumbat dan menghasilkan mulut yang lebih kering, yang secara alami membuat napas Anda tidak sedap.

2. Sedikit bicara dan minum lebih banyak

Berbicara dapat mengeringkan mulut karena air liur lebih sedikit tersisa di mulut. Menurut Koh Chu Guan, seorang konsultan senior di National Dental Centre Singapore Department of Restorative Dentistry, air liur memiliki efek 'mencuci'.

Karenanya mereka yang berbicara lebih banyak cenderung memiliki bau mulut. Cara lain untuk mengatasi masalah mulut kering adalah dengan minum lebih banyak air dan menjaga mulut Anda tetap terhidrasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Perhatikan diet Anda

Selain makanan yang menyengat secara alami, jenis makanan lain yang Anda konsumsi dapat menjadi penyebab bau mulut. Hal ini termasuk diet rendah karbohidrat atau tidak sama sekali serta diet tinggi protein. Keduanya menghasilkan tubuh memecah lemak untuk energi alih-alih karbohidrat, melepaskan zat kimia yang berbau.

4. Bersihkan lidah Anda dan bersihkan mulur

Kebersihan mulut dasar sangat penting untuk memiliki napas berbau segar. Selain menyikat gigi, Anda harus membersihkan gigi secara teratur.

Membersihkan lidah Anda juga dapat secara signifikan mengurangi bau tak sedap karena sebagian besar bakteri bersarang di lidah, terutama bagian belakang. Juga, tidak ada salahnya untuk menggunakan obat kumur anti-bakteri secara teratur.

5. Makan sesuatu yang bernuansa mint

Cara ini mungkin solusi yang paling mudah. Siapkan sekotak permen yang selalu berguna untuk menyegarkan napas Anda setiap kali bau mulut naik ke hidung Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.