Sukses

6 Cara Bikin Foundation Terlihat bak Kulit Asli Anda

"Saya mau orang bisa mengatakan, 'Kulit Anda sangat bagus,' bukan, 'Foundation-nya bagus ya'," ucap makeup artist asal Paris, Violette.

Liputan6.com, Jakarta - Tak berhenti di pemilihan warna foundation yang tepat, memakai makeup item ini pun tak bisa asal pulas. Golnya bahkan bisa ditargetkan hingga foundation menjelma jadi kulit kedua sehingga menyatu sempurna dengan kulit Anda.

Menurut makeup artist asal Paris, Violette, mengeksekusi pemakaian foundation sangat mungkin dilakukan. "Saya mau orang bisa mengatakan, 'Kulit Anda sangat bagus,' bukan, 'Foundation-nya bagus ya'," ucapnya dilansir dari laman Vogue, Rabu, 22 Juli 2020.

Karenanya, formula yang tepat, entah sebelum maupun setelah mengaplikasikan foundation harus diketahui. Berikut sederet tipsnya supaya foundation bisa menyempurnakan tampilan kulit Anda.

1. Hidrasi Kulit

Membersihkan dan mengaplikasikan pelembap nyatanya berpengaruh pada hasil akhir pemakaian foundation. Saat makeup artist Nina Park bekerja untuk klien, seperti Zoe Kravitz dan Bella Hadid, ia lebih dulu mengaplikasikan sheet mask sesuai tipe kulit dengan bahan cenderung menghidrasi.

Setelahnya, memijat bagian wajah secara perlahan untuk membuat penyerapan bahan kian sempurna. "Itu menciptakan tampilan natural yang membuat wajah terlihat lebih segar," ucap makeup artist Kira Nasrat yang menggunakan metode senada.

2.  Pemakaian Prime

Violette mengungkap, sebenarnya pemakaian prime tak selalu dibutuhkan. Dengan penggunaan produk seminim mungkin dan teknik pengaplikasian yang benar, foundation bisa bertahan sepanjang hari.

"Saya pakai primer anti-shine untuk area-area tertentu, seperti kening, garis rambut, sisi hidung, dan sekitar mulut. Lalu, yang terkesan bersinar untuk di bagian atas tulang pipi," kata Park yang mengaplikasikannya dengan jari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Dimulai dari Bagian Tengah

Violette mengatakan, sebaiknya aplikasikan foundation di titik yang hanya benar-benar diperlukan. "Mulai dari bagian tengah wajah, lalu bagian pipi, dan ratakan," ucapnya.

Kunci utamanya, sambung Violette, adalah di sekitar area mulut. Demi hasil lebih natural, ia biasanya tak mengaplikasikan di bagian batang hidung dan di sudut dekat lubang hidung.

3 dari 4 halaman

4. Jangan Seperti Melukis

Tak masalah aplikator apa yang digunakan, entah brush, BeautyBlender, atau tangan Anda, pakai foundation dengan teknik memutar maupun menepuk. Jangan menyapu seperti melukis supaya hasilnya lebih halus.

5.  Kombinasikan dengan Highlighter

Demi menciptakan dimensi, padankan highlighter ke bagian wajah yang bisa menangkap cahaya alami, seperti tulanng pipi, dahi, maupun di dekat mulut. Violette menyarankan pakai highlighter dengan tekstur creamy untuk memberi hasil akhir dewy.

4 dari 4 halaman

6. Pakai Bedak Tabur

Bila wajah Anda cenderung berminyak, bisa lebih dulu memakai blotting paper. Lalu, aplikasikan bedak tabur transparan setelah pemakaian foundation supaya lebih tahan lama.

"Gunakan brush untuk mengaplikasikannya dan hanya pakai di tempat yang paling mudah berminyak," ucap  Nasrat. Jangan terlalu banyak menggunakan bedak tabur karena nantinya akan menghilangkan nuansa dewy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.