Sederet Masker Wajah dari Buah yang Cocok untuk Kulit

Oleh Komarudin pada 21 Jul 2020, 05:02 WIB
Diperbarui 21 Jul 2020, 05:02 WIB
Ilustrasi masker semangka
Perbesar
Ilustrasi masker semangka (Dok.Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit wajah yang halus dan lembut jadi idaman bagi banyak orang, terlebih perempuan. Mempunyai kulit yang terlihat luar biasa, tentu harus menjalani perawatan secara rutin.

Bila tak melakukan perawatan, bisa jadi akan menimbulkan banyak jerawat, flek, noda, dan kulit akan terlihat kusam, seperti dilansir dari Times of India, Senin, 20 Juli 2020. Untuk membuat wajah terlihat kinclong, sejumlah buah berikut ini bisa dijadikan bahan untuk masker wajah.

Pisang

Buah ini mengandung sifat pelembab dan antioksidan. Pisang dapat membantu menjaga kulit tetap lembab sekaligus melindunginya dari kerusakan. Untuk masker ini, membutuhkan satu pisang matang dan satu sendok makan madu.

Campur kedua bahan ini bersama-sama hingga kental. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin.

Apel

Buah ini mengandung khasiat yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit Anda dan juga dapat meningkatkan produksi kolagen. Anda akan membutuhkan satu buah apel dan satu sdm madu.

Campur bahan-bahan ini bersama-sama dan oleskan campuran itu ke wajah. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air.

2 dari 3 halaman

Pepaya

Ilustrasi masker pepaya
Perbesar
Ilustrasi masker pepaya (Dok.Unsplash)

Pepaya mengandung enzim yang dapat membantu mengelupaskan kulit dengan lembut. Untuk masker ini, Anda membutuhkan 2-3 potongan besar pepaya dan satu sendok makan air mawar.

Aduk bahan-bahan ini dalam mangkuk dan tumbuk bersama. Setelah selesai, oleskan campuran ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Selanjutnya, basuh wajah dengan air dingin.

Semangka

Semangka dapat membantu menenangkan dan melembapkan kulit sekaligus melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Untuk membuat masker wajah semangka butuhkan dua hingga tiga potongan besar semangka, satu sdm yogurt, dan dua hingga tiga tetes jus lemon.

Campur semua bahan ini bersama-sama untuk membuat pasta daging. Oleskan pasta ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan wajah Anda.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Lanjutkan Membaca ↓