Sukses

Foto Indomie Rasa Saksang Babi Ternyata Hoax, Indofood Hanya Memproduksi Produk Halal

Pihak Indofood memastikan tidak memproduksi produk yang tidak halal, termasuk Indomie Rasa Saksang Babi yang ternyata hoax.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki beragam kuliner, salah satunya saksang. Saksang merupakan masakan yang dibuat dari daging yang diberi bumbu. Unggahan seorang pengguna Twitter Uly Siregar yang memiliki akun @sheknowshoney baru-baru ini mengunggah foto Indomie rasa saksang babi.

"Eh, konfirmasi, dong. Ini beneran apa bercanda? Aku sudah siap-siap nangis ini... 😭😭😭," tanyanya dalam unggahan pada Senin, 20 Juli 2020.

Unggahan tersebut membuat heboh sejumlah pengguna Twitter yang lain. Unggahan tersebut direspons pihak PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

"Itu hoax, Mas," kata Media Relations Indofood, Lucy, saat dihubungi Liputan6.com, Senin malam, 20 Juli 2020. "Indofood hanya memproduksi produk halal, Mas," imbuh Lucy.

Penegasan senada juga disampaikan oleh Corporate Secretary PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Elly Putranti. "Yang pasti informasi tersebut hoax karena Indofood hanya memproduksi produk halal," kata Elly.

Lewat akun Twitter, pihak Indomie juga menegaskan, komitmennya bahwa seluruh produk Indomie halal dan aman dikonsumsi.

"Hai Indomielovers! Kami berkomitmen bahwa seluruh produk Indomie sudah mendapatkan sertifikasi HALAL dari MUI agar aman dikonsumsi, jadi kamu ngga perlu khawatir. Kami selalu memastikan keamanan produk Indomie selalu terjaga, demi kenyamanan kamu :)," tulis Twitter Indomie, Senin, 20 Juli 2020.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Foto Editan

Sementara itu, sejak unggahan akun @sheknowshoney beredar, beberapa pengguna Twitter menyebut bahwa foto Indomie rasa saksang babi itu merupakan foto editan. Foto itu diedit dari foto kemasan Indonesi Rasa Soto Medan.

"Perhatikan latar meja, orang ngeditnya main nya belum jauh," jelas akun @JuraganKonjac.

"ini candaan aja.. klo zoom pic dagingnya, keliatan pinggirannya di crop dgn sangat tidak rapi. artinya ini hanyalah tempelan," komentar akun @jantra_pribadi.

"Ga mungkin. Indofood ga akan berdiriin pabrik sendiri cuma buat edisi coba-cobanya karena ini gabisa diproduksi di fasilitas yang sama," timpal akun @LarasBambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.