Sukses

Perempuan Florida Rela Jadi Tukang Cuci Piring di Tempat Suaminya Dirawat karena Alzheimer

Pekerjaan ini rela dilakukan setelah tak bisa bertemu sang suami selama 114 hari.

Liputan6.com, Jakarta - Berpisah dari suami yang tinggal di panti jompo akibat Alzheimer membuat perempuan bernama Mary Daniel bersedih. Sang istri tercatat sudah 114 hari tak bertemu suaminya.

Suami Mary tinggal sebuah panti jompo Rosecastle Assisted Living dan Memory Care di Jacksonville, Florida, Amerika Serikat. Ia tinggal di sana sejak awal didiagnosa menderita alzheimer.

Sebelum pandemi, Mary selalu mengunjungi suaminya setiap malam dan membantu membereskan tempat tidur. Ia tak bisa tinggal bersamanya, tapi itulah yang bisa dilakukan.

"Saya menempatkannya di pusat perawatan memori dan semuanya berjalan sangat baik," kata Mary pada CBS News, seperti dikutip Fox News, Selasa, 14 Juli 2020. "Ia berkembang dengan semua orang, dan pada Maret, jelas semuanya berubah," sambungnya.

Ketika Covid-19 menyebar di seluruh negara bagian, Gubernur Ron DeSantis melarang kunjungan ke panti jompo untuk melindungi pasien dan mencegah penyebaran di antara populasi yang rentan. Mary mengirim setidaknya seratus pesan ke DeSantis meminta izin untuk mengunjungi suaminya, dan muncul di berita lokal untuk menceritakan kisahnya.

"Saya mencoba mengunjunginya lewat jendela," kata Mary pada First Coast News. Ia berkunjung dua kali seminggu, berdiri di luar jendela panti jompo tempat sang suami tinggal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencuci Piring

Mary menawarkan membawa anjing terapi atau jadi sukarelawan demi bisa bertemu suaminya. Kendati awalnya ragu, perusahaan itu kemudian mengulurkan tangan pada Mary dan menawarinya pekerjaan sebagai pencuci piring.

Ia akhirnya bertemu kembali dengan suaminya pada 3 Juli 2020, setelah hampir empat bulan berpisah. "Ia berlinang air mata," kata Mary. "Ia menyentuh wajah saya."

Mary juga telah membuat grup Facebook yang disebut Caregivers for Compromise untuk mendesak gubernur mempertimbangkan kembali kunjungan dalam keadaan tertentu.

"Setelah 114 hari, saya baru bisa memeluk suami saya hari ini. Saya juga mencuci banyak piring," tulis Mary.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.