Sukses

3 Resep Smoothies Enak yang Menyehatkan, Simpel Bikinnya

Cukup pakai buah-buahan yang sedang musim, smoothies enak yang sehat bisa tersaji.

Liputan6.com, Jakarta - Smoothies, minuman sehat yang makin naik daun. Jenis minuman yang memanfaatkan buah-buahan dan susu ini ini bisa jadi alternatif meningkatkan imunitas tubuh dengan cara yang enak.

Bila tak percaya, coba saja tiga resep smoothies yang dibagikan mixologist Kenny Soetomo dalam workshop Traveloka Online Xperience, Kamis, 9 Juli 2020. Lelaki yang menyabet pemenang Australian National Suntory Cocktail Connoisseur 2014 memilih susu kedelai dibandingkan susu sapi dalam semua resep smoothies-nya kali ini.

"Soy milk itu lebih high fiber dan low calories dibandingkan susu sapi. Selain itu, susu kedelai lebih ramah bagi mereka yang punya lactose intolerance. Anak-anak juga bisa mengonsumsinya," tutur Kenny.

Selain susu kedelai, ia juga menyarankan mengganti gula cair dengan sirup agave. Wujudnya kuning keemasan, mirip seperti madu. Indeks glikemiknya juga rendah sehingga bisa tingkat energi bisa dijaga seharian dan tubuh tidak mudah merasa lapar.

"Sirup agave ini juga bisa diganti madu," sambung dia.

Soal buah-buahan, Kenny mengimbau agar memanfaatkan buah yang sedang musim. Selain biasanya lebih segar dan manis, harga jual buah yang sedang musim juga lebih terjangkau karena banyak tersedia di pasar. Nah, apa saja resep smoothies yang dibagikan Kenny?

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Warna

Mango Tango:

45 ml puree mangga atau lima potong ukuran sedang mangga beku

5 potong nanas beku

30 ml sirup agave

100 ml susu kedelai

100 gram es batu

Cara membuat:

Blender semua bahan dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 30 detik. Langsung sajikan

 

Awesome Possum:

45 ml puree stroberi atau 5-6 buah stroberi beku 

Setengah pisang beku ukuran besar

30 ml sirup agave

100 ml susu kedelai

100 gram es batu

Cara membuat:

Blender semua bahan dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 30 detik. Langsung sajikan

 

Avo Kedavo:

Setengah buah avokad matang ukuran sedang

45 ml puree markisa atau setengah buah markisa

30 ml sirup agave

100 ml susu kedelai

100 gram es batu

Cara membuat:

Blender semua bahan dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 30 detik. Langsung sajikan

3 dari 3 halaman

Manfaat Smoothies

Kenny menyebut nanas dan mangga menjadi kombinasi yang tepat. Masing-masing saling melengkapi. Nanas mengandung potasium dan vitamin C yang tinggi dengan rasa dominan asam, sedangkan mangga memiliki gula fruktosa dengan kadar manis yang cukup.

Sementara, kombinasi stroberi dan pisang menjadi kombinasi buah yang tak pernah salah. Stroberi yang rasanya asam dan mengandung pektin, diblender bersama dengan pisang yang kaya serat dan potasium. 

Terakhir, kombinasi avokad dan markisa juga pas karena memiliki rasa dasar yang berbeda. Markisa merupakan buah tinggi serat dengan kadar gula yang indeks glikemiknya rendah. Sedangkan, avokad kaya potasium dan karbohidrat yang tinggi sehingga bisa menyediakan energi yang cukup untuk beraktivitas.

"Pilih avokad yang matang. Caranya gimana ketahui buah itu matang? Lihat ujungnya. Kalau udah hitam, harus langsung dimakan," saran Kenny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.