Sukses

Food Vlogger Amerika Bagikan Resep Nasi Goreng Petai

Ciri khas Mark yang membedakannya dari food vlogger lain adalah, ia kerap menguak cerita di balik makanan yang dicicipinya, termasuk nasi goreng.

Liputan6.com, Jakarta -  Makanan bisa membuat seseorang berkeliling ke banyak negara, bahkan bisa dikenal di seluruh dunia. Misalnya dengan menjadi food vlogger atau Youtuber kuliner. Salah satunya adalah Mark Wiens.

Pria asal Hawaii, Amerika Serikat (AS) ini berkonsenterasi pada konten makanan dan jalan-jalan.  Mark yang kini tinggal di Bangkok, Thailand, sudah punya lebih dari 6 juta subscriber di Youtube.

Spesialisasi Mark adalah makanan kaki lima. Di sejumlah negara yang pernah dikunjunginya, termasuk Indonesia, ia selalu mencoba makanan kaki lima atau street food. Ia pun menyukai beberapa makanan Indonesia, seperti nasi goreng dan ayam taliwang.

Salah satu ciri khas Mark yang membedakannya dari food vlogger lain adalah, ia kerap menguak cerita di balik makanan yang dicicipinya. Seperti tentang sejarah, budaya, sampai proses pembuatan sebuah makanan.

Untuk pembuatan makanan, Mark membagikan sekaligus memperlihatkan proses pembuatan salah satu makanan favoritnya yaitu nasi goreng petai. Ia bahkan memasak nasi goreng di gerobak seperti penjual makanan pinggir jalan di Indonesia pada umumnya.

Video yang diunggah pada 28 Juni 2020 ini merupakan bagian program "Street Food At Home" yang ia buat karena belum bisa traveling akibat pandemi corona COVID-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gampang Dibuat, Cepat dan Enak

Di awal video Mark menceritakan seputar nasi goreng yang merupakan makanan kaki lima populer di Indonesia. "Nasi goreng itu gampang dibuat, cepat, dan rasanya enak," ucapnya.

Ia pun terkenang kelezatan nasi goreng Indonesia saat ia berkunjung ke Jakarta pada 2016.  Mark terlihat begitu semangat saat membuat nasi goreng petai.

Berikut bahan-bahan dan langkah pembuatan nasi goreng petai asal food vlogger Amerika Serikat Mark Wiens.

Bahan-bahan:  Nasi putih, telur, mentimun, wortel, cabai rawit, cuka putih, gula, garam, bawang merah, bawang putih, petai, lada, kecap,, kerupuk udang dan minyak goreng

Cara pembuatan

1. Mentimun, wortel, dan cabai rawit jadi bahan untuk acar, tambahkan gula, cuka putih, dan sedikit garam.

2. Bawang merah untuk bahan membuat bawang goreng. Menurut Mark, tips membuat bawang goreng yang renyah, tambahkan taburan garam dan pijit-pijit bawang merah. Tujuannya untuk mengeluarkan airnya yang bisa menghasilkan tekstur renyah. Setelah itu irisan bawang merah digoreng sampai garing dalam minyak banyak.

3. Mark kemudian membuat kerupuk udang yang digorengnya sendiri. Lalu ia membuat bumbu sambal nasi goreng. Bahannya ada cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih dan sedikit garam. Mak Wiens menumbuknya sampai halus dengan cobek dan ulekan.

3 dari 3 halaman

Terharu dan Saran untuk Jualan

4. Proses selanjutnya adalah menggoreng telur mata sapi. Ia membuat telur mata sapi yang pinggirannya renyah dan kuningnya matang untuk topping.

5. Mark kemudian menggoreng telor orak-arik bersama sambal dan petai, Ia lalu memasukkan nasi putih yang merupakan nasi sisa kemarin. Menurut Wiens dan seperti dilakukan banyak penjual nasi goreng di Indonesia, nasi goreng lebih enak dibuat dengan nasi sisa,atau sudah lama matang, bukan nasi yang baru matang.

6. Sebagai pelengkap, Mark mencampurkan kecap manis, kecap asin dan lada. Tak lama kemudian nasi goreng pun selesai dibuat.

Sebelum disantap, Mark menambahkan irisan tomat dan mentimun. Lalu ia menambahkan acar, bawang merah goreng, kerupuk udang, dan telur mata sapi yang sebelumnya sudah ia buat. Nasi goreng petai pun siap disantap.

Mark ternyata tak hanya membuat satu, ia juga membuat nasi goreng yang tidak pedas untuk anaknya yang baru berusia tiga tahun. Sedangkan ia sendiri memakai 20 buah cabai rawit. Maklum saja, ia memang sangat menyukai makanan pedas.

Warganet pun banyak yang mengomentari unggahan Mark Wiens. Banyak yang mengaku ngiler dan ingin menyantap nasi goreng buatan sang Youtuber.

Bahkan ada yang merasa terharu karena Mark bisa membuat nasi goreng khas Indonesia. Ada juga menyarankan supaya Mark jualan nasi goreng karena hasilnya terlihat sangat enak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.