Sukses

Tips Membangun Bisnis ala Giovani Barbershop

Kegiatan memberi nama pada suatu bisnis merupakan identitas penting agar mudah dikenal dan pahami masyarakat luas.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku usaha sebelum mulai mengimplemetasikannya tentu memerlukan pertimbangan dan perencanaan matang. Kegiatan tersebut dilakukan agar bisnis yang dijalankannya tidak menimbulkan kerugian namun justru mendatangkan keuntungan besar. Begitupun dengan Bisnis Barbershop.

Mengapa Harus Layanan Giovani Barbershop?

Seperti diketahui bahwa setiap layanan jasa profesional apapun bentuknya selalu mengedepankan kepuasan pelanggan. Hal inilah yang dilakukan oleh Giovani Barbershop ketika berhadapan dengan konsumen tidak hanya tukang cukur saja berperan penting tetapi juga cara pihak atasan mengelolanya.

"Hal lain yang tak kalah penting yaitu pelayanan. Giovani misalnya, saya berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, salah satunya dengan menyediakan apa yang mereka butuhkan ketika menunggu antrian, seperti WiFi, dan itu gratis,” terang CEO Giovani Barbershop.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa layanan Giovani Barbershop tidak hanya memusatkan pada konsumen yang sedang dipangkas rambutnya. Tetapi juga bagi mereka ketika sedang menunggu giliran. Dalam hal ini tentu ada durasi untuk dimanfaatkan beraktivitas di dunia maya terlebih dahulu.

Tips membangun bisnis barbershop

Giovani Barbershop melalui berbagai rangkaian proses sebelum brand barbershop ini dikenal luas oleh masyarakat. Sejak pertama kali beroperasi tahun 2015, dapat dibayangkan 5 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk menempuh kemajuan. Lantas apa saja tips-tips yang bisa dicontoh darinya?

1. Lakukan Branding Secara Tepat

Merek merupakan nama, simbol, istilah dan karakteristik dari sebuah produk atau jasa yang dapat membedakannya dengan bidang usaha lain. Kegiatan memberi nama pada suatu bisnis merupakan identitas penting agar mudah dikenal dan pahami masyarakat luas apalagi untuk tujuan promosi.

"Membangun bisnis barbershop tidak instan, butuh proses yang panjang agar bisnis yang dibangun bisa menjangkau satu daerah secara luas. Itulah mengapa branding sangat penting di dalam bisnis, termasuk barbershop,” jelas CEO Giovani Barbershop.

2. Tentukan Visi dan Misi yang Sesuai

Salah satu unsur penting dalam branding adalah visi dan misi. Keduanya merupakan pondasi bagi sebuah brand. Contohnya saja Giovani Barbershop dari segi visi telah ditetapkan “menjadi yang terdepan dalam usaha potong rambut, terpercaya dalam menerapkan gaya dan model rambut”.

Selain itu, “terbaik dari segi kualitas, ternyaman dalam memberi fasilitas serta termurah dalam menentukan harga”. Sedangkan misinya menjabarkan secara terperinci maksud dari visi yang diberlakukan. Kedua unsur branding ini perlu diterapkan agar tujuan bisnis menjadi lebih terarah.

3. Berikan Layanan yang Berbeda

Saat ini jumlah barbershop dapat bertambah jumlahnya secara langsung berdampak pada munculnya pesaing baru dalam menjalankan bisnis. Sebuah jasa potong rambut akan diingat karena keunikannya, inovasi serta layanannya. Maka dari itu tidak perlu ragu dalam memberi service berbeda dari kompetitor.

Sebagai contoh dalam hal ini Giovani Barbershop memberi pelayanan pijat refleksi dengan memanfaatkan Massage Chair. Dapat dikatakan bahwa service seperti ini menjadi hanya satu-satunya di Sumatera Utara bahkan disediakan secara gratis khususnya bagi pelanggan setianya.

4. Berikan Promo atau Program Menarik

Mendengar kata promo, diskon dan tawaran menarik tentunya membuat konsumen menjadi tertarik untuk mencari tahu dan mencoba suatu layanan. Hal ini juga berlaku bagi usaha seperti Barbershop. Bukan tidak mungkin kedatangan lebih banyak konsumen dapat terwujud lewat penerapan program tersebut.

Dalam konteks Giovani Barbershop, program promosi seperti ini bukanlah hal baru yang diterapkan. Bahkan jangka waktunya bisa sampai sebulan penuh. Jasa potong rambut ini memberikan produk pomade secara gratis untuk setiap pelanggan yang hadir untuk mencukur rambut, kumis dan sebagainya.

5. Membuka Mitra Kerjasama

CEO Giovani Barbershop mengatakan bahwa, "Kabar baiknya, di tahun 2020 ini Giovani Barbershop telah membuka layanan franchise. Dengan adanya franchise ini kami harap teman-teman yang akan terjun ke bisnis barbershop akan lebih dimudahkan, khususnya kebutuhan branding".

Membuka mitra kerjasama dengan Giovani Barbershop tidak ada ruginya, pelaku usaha justru tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk keperluan branding. Selama memiliki kesamaan pemahaman terhadap konsep bisnis, sepakat dengan visinya maka bisnis dapat berkembang dan jauh lebih maju.

6. Menyediakan Fasilitas yang Lengkap dan Nyaman

Fasilitas lengkap mampu mendukung para tukang cukur untuk bekerja lebih maksimal. Selain itu ruang tunggu yang nyaman, Wifi gratis, ruangan dengan penyejuk udara dapat memberi kenyamanan bagi pelanggan. Bila perlu sediakan juga televisi agar menjadi tontonan sambil menunggu gilirannya tiba.

Sedangkan tempat duduk yang empuk juga memberi kenyamanan bagi pelanggan selama proses potong rambut berlangsung. Lewat suasana menenangkan sekaligus menyejukkan hal tersebut akan menjadi penilaian tersendiri bagi para pelanggan agar semakin betah untuk kembali lagi pada watu mendatang.

Bagaimana Cara Menemukan Giovani Barbershop?

Kemajuan teknologi sudah seharusnya menjadi area pemasaran digital bagi pelaku bisnis dalam bidang manapun. Salah satu medianya adalah website, pelaku usaha potong rambut bisa mengikuti langkah Giovani Barbershop saat memperkenalkan produk dan jasanya lewat web dan media sosial berikut ini:

• Website: https://giovanibarbershop.com/

• Facebook: https://www.facebook.com/giovanibarbershop/

• Instagram: https://www.instagram.com/giovani_barbershop/

Secara tidak langsung hadirnya website memudahkan konsumen ketika mencari suatu layanan potong rambut berkualitas dan terpercaya seperti Giovani Barbershop. Tidak hanya itu di halaman lainnya juga dicantumkan alamat outlet cabang dengan informasi sebagai berikut:

• Jl. Amal No.44B Medan Sunggal

• Jl. H.M Joni (Depan Kampus Harapan) Medan

Berbagai pembahasan tips Bisnis Barbershop di atas dapat menjadi gambaran baik sebelum maupun sesudah menjalankannya memerlukan perhatian khusus. Tidak hanya dari segi pendanaan dan lokasi, membangun kemitraan merupakan faktor penting untuk memajukan usaha potong rambut tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini