Daftar 10 Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia Saat Pandemi Corona

Oleh Komarudin pada 02 Jul 2020, 09:03 WIB
Diperbarui 02 Jul 2020, 09:03 WIB
Ilustrasi Paspor
Perbesar
Ilustrasi paspor (Dok.Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Paspor adalah dokumen yang sangat penting bagi siapa pun yang ingin bepergian ke luar negeri, tetapi tak semua semua paspor sama. Sebuah daftar terbaru telah mengungkapkan paspor paling kuat di dunia saat ini. The Paspor Index yang telah melacak mobilitas global sejak 2015, memeriksa mobilitas dalam masa corona Covid-19, seperti dilansir dari Express, Rabu, 1 Juli 2020.

Paspor dari benua Eropa mendominasi daftar terbaru saat negara-negara tersebut mulai membuka kembali perbatasan mereka. Orang Eropa akan mendapat manfaat lebih dari warga negara lain di seluruh dunia dalam hal perjalanan bebas pembatasan mulai 1 Juli 2020 dan seterusnya.

Inggris, Irlandia, Swiss, dan Prancis semuanya memimpin dalam hal membuka kembali perjalanan internasional. Apalagi, warganya dapat menikmati perjalanan bebas visa ke sejumlah besar negara tujuan.

Negara dengan paspor paling kuat saat ini terungkap adalah Belgia. Pemegang paspor Belgia dapat mengakses sebagian besar negara bebas visa, tanpa memerlukan visa yang telah diatur sebelumnya atau visa pada saat kedatangan dengan total 81 negara.

Di tempat kedua adalah Finlandia diikuti oleh Austria, Luksemburg dan Spanyol. Inggris berada di posisi ketujuh setelah Irlandia. Paspor Inggris memungkinkan akses bebas visa ke 78 negara lain. Tiga negara terakhir dengan 10 paspor paling kuat adalah Swiss, Swedia, dan Belanda.  

Sebelumnya, Henley Passport Index juga sempat merilis sejumlah negara dengan paspor paling sakti. Jepang berada di posisi teratas, setelah sempat seri dengan Singapura pada 2019. Singapura menempati tempat kedua, sedangkan Jerman dan Korea Selatan seri dengan menempati posisi ketiga dengan akses ke-189 negara.

2 dari 3 halaman

Daftar Lengkap

Ilustrasi Paspor
Perbesar
Ilustrasi Paspor (Dok.Unsplash)

1. Belgia

2. Finlandia

3. Austria

4. Luksemburg

5. Spanyol

6. Irlandia

7. Inggris

8. Swiss

9. Swedia

10. Belanda

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓