Sukses

Malaysia Buka Kembali Taman Hiburan dan Longgarkan Pemeriksaan Suhu di Mal

Taman hiburan yang bakal kembali buka di Malaysia, termasuk mereka yang punya atraksi air, seperti kolam renang.

Liputan6.com, Jakarta - Malaysia akan kembali membuka sederet taman hiburan, termasuk yang menawarkan atraksi air, seperti kolam renang, terhitung Rabu, 1 Juli 2020, sebut Senior Minister (Security) Ismail Sabri Yaakob pada Senin, 29 Juni 2020.

Melansir laman Strait Times, Selasa (30/6/2020), Datuk Seri Ismail mengatakan, aturan ini melibatkan setidaknya 54 taman hiburan dan lebih dari 10 ribu pekerja. Sementara, pemerintah juga akan melonggarkan pemeriksaan suhu bagi pengunjung mal dan hotel.

Ismail mengatakan, pengunjung tempat tersebut hanya akan dicek suhunya sekali, yakni saat hendak memasuki gedung. Saat ini, pemeriksaan suhu dilakukan di setiap toko di mal maupun restoran-restoran di hotel.

Pelonggaran aturan ini diberlakukan bersama sederet lengkah lain yang diadopsi Malaysia seiring pencabutan lockdown secara perlahan. Dalam hal ini termasuk izin buka kembali bagi salon dan tempat cukur.

Restoran juga diizinkan untuk melayani dine-in dan pembukaan tempat beribadah secara perlahan. Dengan catatan, pemeriksaan temperatur tubuh dan penyediaan hand sanitizer harus selalu dilakukan tanpa terkecuali.

Pada Senin, 29 Juli 2020, Malaysia melaporkan tiga kasus baru COVID-19, dan membuat jumlahnya tercatat pada angka 8.637. Karena pandemi, 121 jiwa meninggal dunia di Negeri Jiran. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembukaan Kembali Taman Air

Ismail menjelaskan, alasan pembukaan kembali taman hiburan dan taman air merupakan hasil rapat yang dilakukan awal minggu ini. Dalam praktiknya, operasional atraksi ini harus tetap memberlakukan protokol pencegahan transmisi COVID-19.

Termasuk di dalamnya adalah menjaga jarak aman antar individu dan mengurangi kapasitas pengunjung. "Pengunjung juga harus mendaftarkan diri di aplikasi MySejahtera (sebagai pelacakan kontak). Pemeriksaan suhu tubuh harus dilakukan, pun dengan pengadaan hand sanitizer," ucapnya.

Bagi pihak pengelola taman air, terdapat aturan yang harus ditaati dan dalam operasionalnya akan diawasi petugas lokal. Terutama terkait menjaga kebersihan, aturan tersebut bisa secara lengkap di akses di laman National Security Council and the Tourism, Arts and Culture Ministry Malaysia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.