Sukses

6 Trik Kendalikan Porsi Makan Tanpa Harus Merasa Lapar

Dengan mengendalikan porsi makan, Anda bisa mendapat berat badan ideal.

Liputan6.com, Jakarta - Mengurangi porsi makan jadi salah satu cara logis untuk menjaga berat badan ideal. Sayangnya, metode ini sering kali gagal ketika sudah terbentur rasa lapar yang acap kali membuat aktivitas jadi kurang nyaman.

Jadi, jalan tengahnya adalah bagaimana mengurangi porsi makan tanpa perlu didera rasa lapar berlebihan. Terlebih, bagi Anda yang memang doyan ngemil dan merasa ada yang mengganjal saat tak melakukan kebiasaan itu.

Mengendalikan porsi makan tanpa merasa lapar ini bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa trik. Berikut beberapa di antaranya dilansir dari laman Brightside.me, Senin, 29 Juni 2020.

1. Makan Makanan Lebih Pedas

Tambahkan cabai bubuk, sambal segar, maupun potongan cabai di sayur kesukaan Anda. Dalam sebuah studi yang dirilis Purdue University, Indiana, Amerika Serikat, pada 2011, makanan lebih pedas bisa meningkatkan cita rasa.

Di samping itu, mengendalikan rasa lapar yang berujung pada pengendalian berat badan. "Kami menemukan, mengonsumsi cabai merah bisa membantu mengatur nafsu makan," begitu penjabaran peneliti tersebut.

Konsumsi makanan lebih pedas disebut bakal membakar lebih banyak kalori setelah makan. Hal ini ditemukan di orang yang biasanya memang tak mengonsumsi makanan pedas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Minum dari Gelas Tinggi

Minum minuman manis umumnya tak direkomendasikan dalam diet. Trik sederhana untuk mengonsumsi minuman kesukaan, namun tetap menjaga asupan, yakni dengan menuang ke gelas lebih kecil dan tinggi.

Sebuah studi menemukan, dengan konsep gelas seperti itu, Anda merasa sudah cukup banyak mengonsumsi minuman tersebut. Bisa juga dengan menambah beberapa es batu ke dalamnya agar terlihat kian penuh.

3 dari 6 halaman

3. Konsumsi Peppermint

Aroma dan rasa peppermint bisa jadi cara dalam melawan keinginan mengonsumsi makanan selama seharian. Rasa kenyang yang dihadirkan disebut membuat orang jadi tak mengemil secara berlebihan.

Mengonsumsinya bersama teh jadi yang paling direkomendasikan. Namun, Anda juga bisa memberi lilin dengan aroma peppermint sebagai permulaan.

4 dari 6 halaman

4. Beli Piring Berwarna

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang menggunakan piring berwarna kontras dengan makanannya cenderung makan lebih sedikit. Juga, masih soal piring, Anda disarankan untuk makan dengan piring lebih kecil.

Dengan ukuran lebih kecil, proporsi di dalam piring tetap bisa dipenuhi tanpa harus memperbanyak porsi. Padatnya makanan akan mensugesti Anda telah cukup makan dan kenyang dalam waktu sebagaimana mestinya.

5 dari 6 halaman

5. Akhiri Makan dengan Konsumsi Makanan Manis Berbeda

Kebanyakan orang suka makan makanan manis dan tak bisa menunggu untuk memakan makanan penutup yang umumnya bercita rasa manis. Sayangnya, konsumsi makanan ini tak disarankan dalam diet.

Sebagai ganti, Anda bisa mengganti jenis makanan manis yang dikonsumsi setelah makan. Ketimbang es krim, Anda mungkin mau menggantinya dengan teh manis. 

6 dari 6 halaman

6. Mulai dengan Meminum Segelas Air

Gejala dehidrasi bisa menyebabkan rasa lapar palsu yang sebenarnya tak mengharuskan Anda makan dalam porsi lebih banyak. Karenanya, mengonsumsi air mineral sebelum makan bisa membantu tubuh menemukan porsi ideal.

Konsumsi air mineral maupun teh herbal juga disarankan dilakukan sepanjang hari untuk membuat tubuh merasa cukup. Dengan begitu, keinginan untuk mengemil atau makan tak datang secara berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.