Sukses

Mengenal Wot Batu di Bandung, Tempat Pernikahan Tara Basro dan Daniel Adnan

Tara Basro dan Daniel Adnan melangsungkan pernikahan di Wot Batu, Bandung, Jawa Barat. Apa saja keistimewaannya?

Liputan6.com, Jakarta - Tara Basro resmi menikah dengan Daniel Adnan di Wot Batu, Bandung, Jawa Barat. Melalui akun Instagram pribadinya, Tara menceritakan tentang pernikahannya di tempat itu, Selasa, 23 Juni 2020.

Bagi Tara Basro, ada aura yang terasa berbeda begitu menginjakkan kaki di tempat mereka melaksanakan prosesi suci. Ia merasakan energi positif yang dibangun melalui karya-karya Sunaryo yang merepresentasikan perjalanan kehidupan manusia di Wot Batu.

"tempat itu seakan menyalurkan energi bagi kami yang akan memulai kehidupan baru bersama," tulis Tara.

Ia melanjutkan, suasana magis semakin terasa ketika melangkahkan kaki menuju tempat diucapkannya janji sehidup semati.

"Harumnya bunga dan lagu yang mengalun seiring langkahku, menambah suasana haru di tempat itu dan semakin merasuk dalam diri ketika memohon izin kepada Ayah dan Bunda, untuk menikah dengan lelaki pilihanku, tak terasa air mata mengalir. Hal serupa juga terjadi pada Ayah yang mewakili mereka berdua, memberikan restu serta doanya untuk kami," imbuhnya.

Dengan latar belakang Batu Air, lanjut Tara, yang merepresentasikan persepsi kehidupan di fase selanjutnya yang indah dan menenangkan, mereka mengikat janji, untuk bersama mengarungi kehidupan hingga ajal memisahkan, bersama-sama bertumbuh demi memperoleh ketenangan dan kebahagiaan sepanjang hidup, dan di hari kemudian.

"Janji suci tersebut diucapkan di atas panggung khusus yang dibuat Bapak Sunaryo, sebagai representasi dan doa agar kami memasuki kehidupan baru yang tanpa batas," jelas Tara Basro. 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenal Wot Batu

Wot Batu Bandung merupakan karya seni pada ruang terbuka yang dibangun oleh perupa senior Sunaryo. Situs batu besar berada di lahan seluas 2.000 meter persegi terletak di Jalan Bukit Pakar, Bandung.

Dalam bahasa Jawa, Wot bermakna 'jembatan'. Selain Batu Air, seperti disebutkan Tara Basro, ada juga Batu Merenung. Dibangun pada 2015, lokasi tersebut dibuka untuk umum sejak 2016.

Di Wot Batu, Ada satu batu yang lain daripada yang lain di Wot Batu. Berjudul Batu Suryamedal, ini satu-satunya batu yang bukan batuan vulkanik, melainkan batu kapur. 

"Jutaan tahunnya, batu ini berada di kawasan perairan dangkal yang terkena cahaya matahari, sehingga muncul kehidupan dari mikro-organisme yang kini memfosil, menimbulkan warna putih yang cantik pada batuan tersebut," tulis akun @wotbatu.

Matahari adalah sumber dari segala bentuk kehidupan. Kini, batu itu dihadapkan ke arah timur dari Wot Batu, tepat ke arah terbitnya matahari. Setiap hari, batu ini disirami cahaya matahari pagi, sebagaimana jutaan tahun yang lalu, ketika kehidupan dimulai.

Di tempat itu, usai mengikat janji dengan Daniel Adnan, Tara dan Daniel bersimpuh memohon maaf kepada kedua orangtua mereka atas segala kesalahan yang mereka lakukan selama berada dalam naungan orangtua mereka.

"Segala kesalahan telah terhapus oleh luasnya kasih sayang Ayah dan Bunda," tulis Tara.

Ia juga menceritakan jumlah hadirin sedikit di Wot Batu, sehingga membuat prosesi pernikahannya terasa sakral dan khidmat. Mereka yang hadir hanya keluarga inti.

" Kami tentu sangat berharap Orangtua serta Adik Daniel yang berada jauh di Ceko dapat hadir langsung memberikan restu, serta ikut merayakan kebahagiaan kami. Mereka dan beberapa teman dekat hadir secara virtual. Mereka yang hadir secara virtualpun memanjatkan restu dan doa. Terima kasih untuk semua yang telah berkontribusi mewujudkan prosesi yang indah. .," tulis Tara Basro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.