Sukses

Mau Tetap Belanja dengan Aman, Yuk, Terapkan Langkah Berikut Ini

Jika dirasa perlu belanja ke pasar swalayan, selain menggunakan masker, ada langkah yang perlu kamu lakukan. Berikut penjelasannya:

Liputan6.com, Jakarta Penerapan New Normal menjadi berita baik bagi sebagian orang. Soalnya, masyarakat bisa beraktivitas kembali, mulai dari bekerja ke kantor sampai belanja ke pasar swalayan.

Namun penerapan itu perlu dilakukan dengan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, memakai face shield, dan tetap menjaga jarak dengan orang lain. Tetap waspada hadapi New Normal dengan #BikinJadiBiasa menjalanan protokol tersebut.

Jika dirasa perlu belanja ke pasar swalayan, selain menggunakan masker, ada langkah yang perlu kamu lakukan. Berikut penjelasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buat daftar belanja

Saat kamu memutuskan untuk pergi belanja ke supermarket, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat daftar belanja. Selain mencegah membeli barang yang tidak dibutuhkan, membuat daftar belanja mampu membuat kamu lebih menghargai waktu. Jadi, kamu tidak berlama-lama di supermarket.

Sebagai contoh, buatlah catatan kebutuhan pokok yang ingin dibeli, seperti beras, sayur, dan daging. Setelah itu, masukan pula catatan untuk kebutuhan rumah tangga, seperti deterjen dan perlengkapan kamar mandi.

3 dari 4 halaman

Hindari saat swalayan ramai

Memang rada susah memprediksi kapan supermarket tidak terlalu ramai. Namun, biasanya pada siang hari supermarket tidak terlalu ramai, hal itu dikarenakan banyak orang sedang menjalankan rutinitasnya.

Ketika kamu datang untuk belanja dan melihat banyak pengunjung, alangkah lebih baik mengurungkan niat untuk belanja dahulu. Hal itu bisa mencegah risiko penularan virus.

4 dari 4 halaman

Pilih pembayaran non-tunai

Jika sudah berbelanja, hal yang perlu kamu terapkan ialah menggunakan metode pembayaran non-tunai. Selain lebih aman, menggunakan pembayaran non-tunai lebih praktis dan mudah.

Salah satu pembayaran non-tunai yang bisa kamu gunakan ialah Dompet Digital DANA. Demi menekan angka penularan, DANA mendukung masyarakat melakukan segala transaksi secara contactless.

Apalagi menggunakan DANA untuk transaksi tidak perlu memasukan nomor telepon pengguna dan DANA tidak perlu lagi mencetak struk untuk scan, kamu cukup bayar belanjaan tinggal scan QRIS yang ada di kasir.  

Kalau sudah begitu, dengan menerapkan kiat ini dan didukung penerapan protokol kesehatan, membuat kamu lebih aman saat berbelanja. Yuk, terapkan!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini