Makeup Jennie BLACKPINK di Teaser How You Like This Disebut Plagiat

Oleh Asnida Riani pada 23 Jun 2020, 08:01 WIB
Diperbarui 23 Jun 2020, 10:07 WIB
Makeup Jennie BLACKPINK
Perbesar
Makeup Jennie BLACKPINK (Instagram @nush.mu)

Liputan6.com, Jakarta - Makeup artist (MUA) di Instagram diketahui bernama Naushafarin menuduh YG Entertainment dan MUA BLACKPINK, Maeng, plagiat hasil makeup-nya. Masalah ini disebut Naushafarin setelah melihat riasan wajah, terutama bagian mata, Jennie BLACKPINK di foto teaser How You Like This.

Lewat sebuah unggahan di akun Instagram-nya, beberapa waktu lalu, perempuan diketahui tinggal di Birmingham, Inggris, ini menjelaskan bahwa sebelum mempublikasi perkara ini, ia sudah mencoba mengomunikasikan tuduhannya pada YG Entertainment, tapi tak berhasil.

Tampak di sana, Naushafarin membandingkan klaim kemiripan makeup beraksen api merah muda di mata kiri Jennie BLACKPINK dengan hasil karyanya. "Kita semua terlalu familiar dengan kejadian label besar coba menjiblak label kecil tanpa kredit dan mengambil keuntungan dari mereka," tulisnya.

Naushafarin menyambung, ia sebenarnya tak masalah, bahkan tersanjung, melihat hasil karyanya menginspirasi orang lain. Hanya saja tetap harus ada kredit, sebagaimana dipandangnya dalam kasus makeup mata Jennie BLACKPINK, dan perbincangan sebelumnya, apalagi berkaca pada reputasi agensi sebesar YG Entertainment.

"Mereka (YG Entertainment) sudah terkena kasus yang sama terkait pemilihan proses kreatif di masa lalu," sambungnya.

 

2 dari 3 halaman

Detail Makeup Diklaim Plagiat

Makeup Jennie BLACKPINK
Perbesar
(Instagram @nush.mu)

Naushafarin menambahkan, ia juga sudah mendapat banyak komentar bahwa riasan beraksen api adalah satu makeup trend yang sudah sangat umum, dan telah banyak orang berkreasi dengan ide tersebut. "Tolong temukan satu riasan wajah beraksen api seperti yang saya buat sebelum unggahan saya," ujarnya.

Ia tak mengklaim bahwa riasan beraksen api adalah murni hasil karyanya. Bahkan, Naushafarin mengatakan, sebenarnya ia terinspirasi dari pedang, bukan bentuk kobaran api.

"Tampilan ini unik karena peletakannya, berada di bawah hanya satu mata dengan detail di bagian dalam dan luar mata," imbuhnya. "Tampilannya tak diubah sama sekali, bahkan aksen shading di bagian dalam mata pun disontek."

Detail inilah yang membuat Naushafarin yakin bahwa look yang dipublikasinya pada Februari lalu itu dijiplak. "Makeup bisa jadi sangat kompleks saat sudah berbicara tentang plagiarisme, dan susah untuk dibuktikkan. Tapi, kali ini saya sangat yakin," tegasnya.

Naushafarin pun mengucapkan terima kasih pada publik yang sudah berusaha menegur YG Entertaiment dengan meninggalkan komentar di akun media sosial agensi tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓