Sukses

5 Cara Unik Restoran untuk Menjaga Jarak Sosial, Pinjam Jasa Hantu hingga Rumah Kaca

Sejumlah restoran maupun rumah makan menerapkan cara unik untuk mematuhi jarak sosial dan jarak fisik.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah negara mulai melonggarkan pada masyarakatnya untuk beraktiivitas kembali setelah beberapa menjalani swakarantina untuk menghindari dari penyebaran corona Covid-19. Berbagai tempat usaha pun mulai buka secara perlahan, termasuk rumah makan maupun restoran.

Meski mereka mulai membuka tempat usahanya, mereka tetap mematuhi protokol kesehatan hingga corona Covid-19 berakhir. Penerapan prokol kesehatan yang paling mengemuka adalah tentang jaga jarak sosial dan jaga fisik.

Berikut sejumlah ide kreatif yang diwujudkan di berbagai restoran di belahan dunia untuk menghindari penyebaran corona Covid-19.

Hantu

Baru-baru ini sebuah restoran Italia di kawasan Royak Oak, Amerika Serikat, yang menempatkan hiasan 'hantu' di sejumlah kursi. Hiasan hantu itu dibuat dengan kain putih.

Ide tersebut muncul beberapa minggu lalu saat ia berjalan di kawasan Royal Oak yang sepi dan merasa seperti kota hantu. Namun, Luigi Cutraro, pemilik restoran bernama Trattoria Da Luigi itu berharap suasana akan kembali baik.

Robot

Untuk mengurangi kontak fisik dengan pengunjung dan staf manusia, Dadawan, sebuah restoran di Maastricht, Belanda menggunakan robot sebagai pramusajinya. Robot-robot tersebut digunakan untuk melonggarkan pembatasan wilayah akibat virus corona.

Tiga robot tersebut bernama Amy, Aker, dan James. Mereka bolak-balik untuk mengantarkan minuman kepada pengunjung di restoran itu.

Selain di Belanda, robot juga digunakan untuk melayani pelanggan di sebuah bar di Spanyol. Robot bernama Alexia itu bertugas menyajikan minumn kepada pengunjung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Boneka Panda

Sebelumnya, sebuah restoran di Thailand menggunakan boneka panda sebagai tanda jaga jarak. Restoran bernama Maison Saigon itu berupaya mematuhi protokol kesehatan, tak hanya demi para karyawannya tapi juga pengunjung.

Boneka-boneka Panda yang imut itu ditempatkan di kursi-kursi yang kosong di sebelah pelanggan. Hal itu dilakukan untuk menjaga jarak dan tak boleh ditempati pelanggan lain.

Topi Raksasa

Sebuah kafe di Jerman juga meminta kepada pelanggannya untuk memakai topi khusus untuk memastikan mereka mematuhi jarak sosial saat negara itu mulai melonggarkan lockdown.

Pelanggan yang duduk di luar Cafe & Konditorei Rothe di Schwerin, Jerman, semua harus memakai topi raksasa dengan benda mirip sedotan besar warna-warni yang ditempelkan di atasnya.

Rumah Kaca

Sebuah restoran di Amsterdam, Belanda, punya cara unik agar bisnisnya bisa berjalan dan tetap menjaga jarak aman. Restoran bernama Mediamatic Eten tersebut, saat ini tengah dalam proses memasang rumah kaca karantina atau "Serres Séparées" di tepi laut di luar restoran mereka. Setiap ruangan memungkinkan dua hingga tiga orang untuk makan bersama, diisolasi dari pengunjung lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.