5 Protokol Kesehatan Masuk Rumah Usai Bepergian Ala Reisa Broto Asmoro

Oleh Henry pada 16 Jun 2020, 10:03 WIB
Diperbarui 16 Jun 2020, 10:03 WIB
Reisa Broto Asmoro
Perbesar
Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro menyampaikan pesan adaptasi kebiasaan baru yang produktif aman dari COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (10/6/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Liputan6.com, Jakarta - Dokter Reisa Kartikasari atau lebih dikenal dengan nama Reisa Broto Asmoro baru saja ditunjuk sebagai anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas.

Bersama Achmad Yurianto, dia akan memaparkan kabar terkini terkait penanganan pandemi Covid-19 sebagai salah seorang juru bicara mulai Senin, 8 Juni 2020.

Memiliki kemampuan di bidang kedokteran, tidak heran jika dokter Reisa ditunjuk menjadi juru bicara penanganan virus Corona Covid 19. Salah satu tugas Reisa adalah terus melaksanakan imbauan dari pemerintah, seperti di rumah saja dan memakai masker saat bepergian.

Penunjukan wanita berusia 34 tahun ini sepertinya sangat tepat. Selama ini, Reisa sudah beberapa kali mengunggah pesan tentang cara pencegahan agar tidak terpapar wabah corona. Pada April 2020 misalnya, ibu dua anak ini pernah mengunggah informasi seputar apa yang harus dilakukan saat kita usai bepergian.

Tak semua orang bisa terus berada di rumah karena beberapa kepentingan, misalnya bekerja atau membeli kebutuhan pokok dan barang-barang penting lainnya. Untuk itu, Reisa membagikan bagaimana protokol kedatangan kesehatan ketika seseorang sampai di rumah setelah bepergian di luar rumah.

Berikut ulasannya, seperti dilansir dari akun Instagram dokter yang pernah mengisi program Dr. Oz Indonesia.

1. Buka sepatu dan bersihkan dengan cairan disinfektan

Begitu sampai rumah, jangan lupa untuk melepaskan sepatu. Bersihkan sepatu dengan menggunakan cairan disinfektan untuk membunuh virus dan bakteri yang dibawa dari luar rumah.

2. Bersihkan semua barang yang dibawa

Selain sepatu, sebaiknya bersihkan semua barang yang dibawa atau dipakai. "Sikat juga barang-barang yang kita bawa pergi. Misalnya, tas, ponsel, kacamata, kunci, bolpen, perangkat kerja, bahkan laptop sampai iPad," terang Reisa Broto Asmoro.

Kalau Anda pulang berbelanja, jangan lupa untuk membuang kantung belanja. Sebagai alternatif, Anda bisa membawa sendiri tas belanja dari kain, sehingga bisa dicuci dan dipakai lagi. Tanda terima pembelian seperti kwitansi dan kertas bon sebaiknya dibuang kalau memang tidak diperlukan.

2 dari 4 halaman

3. Cuci tangan dengan sabun antiseptik

5 Protokol Kesehatan Masuk Rumah Usai Berpergian Ala Reisa Broto Asmoro
Perbesar
5 Protokol Kesehatan Masuk Rumah Usai Berpergian Ala Reisa Broto Asmoro. (dok.Instagram @reisabrotoasmoro/https://www.instagram.com/tv/B-f82ipDJFU/?utm_source=ig_embed/henry)

Setelah itu, masuk ke rumah dengan bertelanjang kaki dan langsung mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan air mengalir selama 20 detik.Begitu sampai di dalam rumah, Reisa mengimbau untuk tidak langsung duduk di kursi atau di kasur, tapi langsung mencuci tangan lebih dulu.

4. Langsung cuci baju

Pakaian yang Anda pakai di luar rumah berpotensi membawa bakteri dan virus ke dalam rumah. Sebaiknya langsung cuci pakaian menggunakan detergen untuk membunuh kuman yang menempel.

"Lebih baik, langsung masuk ke kamar mandi lalu buka pakaian kotornya, langsung ditempatkan ke tempat baju kotor dan bawa ke mesin cuci," ucapnya.

3 dari 4 halaman

5. Mandi dan kenakan pakaian yang bersih

5 Protokol Kesehatan Masuk Rumah Usai Berpergian Ala Reisa Broto Asmoro
Perbesar
5 Protokol Kesehatan Masuk Rumah Usai Berpergian Ala Reisa Broto Asmoro. (dok.Instagram @reisabrotoasmoro/https://www.instagram.com/tv/B-f82ipDJFU/?utm_source=ig_embed/henry)

Kemudian, Reisa juga menyarankan untuk langsung mandi dan membersihkan semua badan, termasuk menggosok gigi dan keramas. Setelah memakai pakaian yang bersih, Anda bisa menyambut keluarga di rumah atau melakukan kegiaan lainnya.

Meski terkesan ribet dan cukup memakan waktu, hal ini perlu dilakukan untuk melindungi keluarga dari ancaman virus corona dari luar. Di masa new normal, hal-hal yang disarankan Reisa Broto Asmoro rasanya akan menjadi hal yang normal dan dilakukan hampir setiap orang.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓