Sukses

Olahraga Kardio dan Weightlifting, Apa Beda Keduanya?

Kardio dan weightlifting menjadi dua jenis olahraga yang cukup populer di masyarakat. Apa beda keduanya?

Liputan6.com, Jakarta - Pola hidup sehat tak hanya tentang mengonsumsi makanan kaya gizi, tetapi juga mengadopsi kebiasaan berolahraga. Di antara beragam jenis latihan, dua terpopuler di antaranya adalah kardio dan angkat beban alias weightlifting.

Kedua jenis olah raga itu dinilai cocok untuk dilakukan pada pagi maupun malam hari. Lokasinya juga bisa dilakukan di rumah atau pusat kebugaran. Dengan begitu, tak ada alasan untuk tak melakukannya kecuali Anda harus melawan rasa malas yang kerap melanda.

Meski populer, masih banyak orang yang kebingungan membedakan keduanya. Kenyataannya, olahraga kardio dan weightlifting itu berbeda, baik dari segi pengertian, cara melakukan, hingga manfaatnya. Maka itu, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan dari kedua jenis olahraga ini agar tidak salah membedakan dan tetap dapat melakukannya dengan sangat baik serta mendapat hasil maksimal.

Apa perbedaannya? Simak rangkumannya seperti disusun tim Ngovee dari Jovee berikut ini.

Pengertian Kardio dan Angkat Beban

Kardio adalah kependekan dari latihan kardiovaskular, sementara untuk weightlifting adalah angkat beban. Jadi, jelas bahwa fokus olahraga ini  sudah jelas bahwa fokus dari kedua olahraga ini juga berbeda.

Sesuai dengan namanya, kardio adalah jenis olahraga yang bisa meningkatkan detak jantung seseorang. Banyak jenis latihan yang bisa dilakukan, di antaranya senam, bersepeda, joging, atau berlari.

Sementara, weightlifting atau angkat beban merupakan jenis olahraga yang berfokus pada aktivitas mengangkat sesuatu yang berat. Tentu saja, tujuan dari olahraga ini adalah untuk membentuk masa otot seseorang.

Olahraga ini juga identik dengan alat-alat kebugaran seperti barbel atau alat yang ada di gym, meski peralatan sederhana di rumah juga bisa dimanfaatkan, misalnya botol air mineral diisi air sebagai pengganti barbel.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beda Manfaat Kardio dan Weightlifting

Seperti disebutkan di atas, kardio lebih fokus untuk meningkatkan detak jantung. Maka, olahraga kardio dapat menguatkan otot jantung Anda jika dilakukan secara rutin.

Jika otot jantung Anda kuat, pembuluh darah di tubuh Anda pun dapat mengalirkan oksigen dengan lebih cepat dan maksimal. Dengan oksigen yang disuplai dengan baik ini, nantinya tubuh Anda pun akan terasa lebih ringan dan bugar. Manfaat lainnya adalah menghilangkan kelebihan kalori di dalam tubuh Anda. Hal itu bisa terjadi bila olahraga dilakukan secara rutin.

Sementara, karena weightlifting berfokus pada penguatan otot-otot di tubuh Anda, Anda bisa mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal dan atletis. Otot yang dapat dikuatkan dengan olahraga ini mulai dari otot lengan, kaki, punggung, dada hingga perut sekalipun.

3 dari 3 halaman

Beda Durasi Kardio dan Weightlifting

Dari segi durasi, olahraga kardio memakan durasi waktu yang lebih lama. Hal itu karena intensitas dari olahraga ini cenderung lebih sedikit sehingga untuk mendapatkan hasil terbaik harus dilakukan dalam waktu yang panjang. Apalagi, kardio mayoritas memanfaatkan tubuh sebagai alat bantunya.

Sementara, angkat beban merupakan olahraga dengan intensitas yang cukup berat. Dengan begitu, meskipun dilakukan dalam durasi waktu yang singkat, Anda pun tetap bisa mendapatkan hasil yang cukup maksimal. Namun, olahraga ini diwajibkan untuk menggunakan alat bantu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.