Sukses

Kisah Pelaku UMKM Sektor Fesyen dan Kuliner Berkat Dukungan COVID-19 100M Shopee

Saat pandemi Shopee memberikan dukungan lewat kampanye COVID-19 100M Shopee kepada para UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - Shopee menjadi salah satu perpanjangan tangan yang dapat diandalkan untuk membantu menopang bisnis para pelaku UMKM Indonesia secara online saat pandemi Covid-19. Melalui bantuan stimulus “Dukungan COVID-19 100M Shopee”, para pelaku UMKM mendapatkan tambahan modal dan keringanan biaya admin atau layanan untuk membantu para UMKM mempertahankan basis konsumen mereka.

Stimulus yang telah membantu lebih dari 200 ribu pelaku UMKM ini telah berhasil membantu para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk menjangkau basis konsumennya digital secara lebih luas.

Bisnis Fesyen

UMKM sektor fashion adalah salah satu sektor yang terkena dampak paling buruk akibat adanya pandemi. Seperti dirasakan Anggi, pemilik toko Grosir Baju Keisha asal Bandung.

Biasanya, omzet utama UMKM yang menjual produk pakaian remaja tersebut utamanya berasal dari toko offline dan online yang dimilikinya. Penjualan menurun drastis semenjak imbauan PSBB diberlakukan dan mengakibatkan penumpukan stok yang menyebabkan kerugian tinggi.

Setelah mendaftarkan diri untuk ikut dalam “Dukungan COVID-19 100M Shopee”, Anggi mengakui beban operasional bisnisnya sangat terbantu. Terlebih, karena toko online Grosir Baju Keisha di Shopee menjadi sumber pemasukan utama.

“Dengan memanfaatkan bantuan Shopee ini secara maksimal, pemasukan saya berhasil meningkat hingga 35 persen selama periode Ramadan,” jelas Anggi, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisnis Makanan

Berbeda dengan bisnis fesyen yang dimiliki Anggi, bisnis makanan kemasan asal Cicendo, Bandung milik pasangan Sherly dan William justru meraup keuntungan yang cukup tinggi semenjak adanya pandemi.

Sherly dan William mengaku sering berinteraksi dengan pelanggan mereka dengan menggunakan fitur live chat Shopee untuk menanyakan kebutuhan pangan sehat yang ternyata jadi peluang bisnis baru bagi mereka.

Penjualan sereal granola, produk makanan kesehatan yang jadi produk baru di toko Snack Mazter, berhasil tumbuh hingga 8X lipat, melebihi penjualan produk makanan tematik selama Ramadhan.

Diakui Sherly dan William yang telah membuka gerai online-nya di Shopee sejak empat tahun lalu, operasional bisnis Snack Mazter sangat terbantu dengan adanya bantuan program “Dukungan COVID-19 100M Shopee”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.