Sukses

Apa Bedanya Botox dan Filler?

Botox dan filler menjadi metode perawatan kecantikan yang makin populer di kalangan wanita.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bagian tubuh yang wajib diperhatikan adalah kecantikan wajah. Tak heran rasanya jika banyak wanita pasti akan melakukan berbagai hal agar kecantikan wajah mereka tetap terjaga dengan baik dan tampak lebih menarik. Salah dua yang cukup populer di kalangan wanita adalah botox dan filler.

Kedua jenis perawatan itu menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin mendapatkan wajah cantik awet muda dengan instan. Meskipun kedua jenis perawatan tersebut cukup familiar, masih ada yang bingung membedakan botox dan filler. Lalu, apa perbedaannya? Berikut penjelasan menurut dr. Denny Archiando, tim dokter Jovee.

Botox adalah salah satu jenis perawatan untuk menghilangkan garis usia dan keriput pada wajah seseorang dengan menyuntikkan sebuah cairan ke wajah. Dengan suntik botox ini, wajah seseorang akan tampak lebih kencang seperti yang diidam-idamkan sebelumnya. Botox merupakan salah satu metode perawatan kecantikan yang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu dan dilegalkan bagi umum.

Sementara, filler adalah sebuah metode penyuntikan zat ke wajah yang bertujuan untuk mendapatkan wajah cantik dan awet muda. Hanya saja, biasanya filler ini lebih ditujukan untuk memperbesar ukuran bagian tubuh seperti misalnya bibir, pipi, hingga bagian tubuh yang lainnya.

Baik botox maupun filler sama-sama memiliki risiko yang cukup tinggi. Pasalnya, kedua metode ini akan berdampak fatal bila dilakukan dengan cara yang salah.

Setelah disuntik botox, wajah akan mengalami memar dan nyeri hingga bengkak di area wajah. Sementara, filler juga berisiko tinggi ketika zat filler disuntikkan. Pasalnya, zat tersebut akan langsung masuk ke pembuluh darah seseorang sehingga memungkinkan akan terjadi penyumbatan pembuluh darah.

Selain itu, filler juga dapat menyebabkan alergi pada wajah karena zat yang disuntikkan tidak cocok dengan kondisi tubuh. Maka itu, sebelum menjalani metode botox atau filler ini, Anda wajib terlebih dahulu mengetahui risiko yang akan dialami. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risiko Pakai Botox dan Filler

Dengan risiko tinggi, bahaya bagi kesehatan juga cukup tinggi. Untuk botox, salah pengaplikasian dapat menyebabkan bagian tubuh Anda tampak lebih miring dan tidak simetris.

Efek lainnya adalah kelumpuhan pada saraf wajah akibat suntik botox ini sehingga Anda pun tak leluasa menggerakkan wajah. Masalah lain yang timbul dari botox ini adalah Anda akan kehilangan kontrol pada wajah sehingga sulit bicara, menelan dan mengalami gangguan pernafasan.

Filler juga dapat membuat saraf dan otot menjadi lumpuh. Selain itu, Anda juga bisa mengalami pembengkakan pada area yang disuntik filler karena ketidakcocokan zat dengan tubuh. Bahkan, jika zat itu salah disuntikkan, dapat membuat area yang disuntik itu menjadi membusuk dan bengkak.

Dengan bahaya dan risiko, tersebut, perawatan alami tentu lebih disarankan. Perawatan yang dapat Anda lakukan ini adalah dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat bergizi serta ditambah dengan asupan suplemen dan vitamin yang cukup. Kurangi pula stres berlebih agar bisa mencegah penuaan dini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.