Sukses

7 Khasiat Bubuk Peppermint, dari Mengatasi Jerawat hingga Redakan Migrain

Peppermint menyimpan berbagai macam manfaat lewat kandungan seperti mentol, methone, menthyl acetate, limonene, beta pinene, hingga beta caryophyllene.

Liputan6.com, Jakarta - Daun peppermint tidak hanya digunakan sebagai penyedap masakan atau minuman, tetapi juga punya banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu yang utama adalah pencegah bau mulut . Jadi jangan heran jika kerap menemukannya di iklan pasta gigi, permen karet, ataupun obat kumur.

Namun ternyata masih ada khasiat lainnya. Entah dalam versi daun segar atau berbentuk bubuk, peppermint tetap menyimpan berbagai macam manfaat dengan berbagai kandungan seperti mentol, methone, menthyl acetate, limonene, beta pinene, hingga beta caryophyllene.

Lalu, apa saja khasiat dari peppermint powder? Yuk, simak selengkapnya yang diolah tim Ngovee dari Jovee dalam rangkuman berikut ini.

1. Mengatasi Kulit Berjerawat

Saat mendengar nama peppermint, mungkin hal yang pertama terbayangkan ialah rasa dingin dan pedas yang sering ditemukan pada permen, minuman, atau es krim. Manfaat dari peppermint bukan hanya memberi sensasi dingin di dalam mulut, namun juga bisa digunakan untuk produk skincare.

Tahukah Anda peppermint memiliki khasiat yang sangat bagus bagi kulit? Khasiat peppermint bagi kulit disebabkan karena kandungan salicylic acid yang berada di dalamnya, sehingga mampu meredakan gejala gatal dan iritasi. Selain itu peppermint juga akan membantu wajah mengurangi minyak berlebih karena kandungan vitamin A di dalamnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Merawat Rambut

Peppermint powder juga jadi bahan yang populer dan sering ditemukan di beberapa sampo. Peppermint tidak hanya akan membuat rambut jadi terasa lebih segar, namun juga kulit kepala bebas ketombe.

Bahkan, bubuk peppermint disebut-sebut dapat menstimulasi aliran darah di kulit kepala sehingga mampu merangsang pertumbuhan rambut. Setelah penggunaan bubuk peppermint selama beberapa kali, rambut akan terlihat lebih bercahaya dan sehat.

Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa mencampurkan sedikit madu, air, dan bubuk peppermint. Aplikasikan pada rambut, tutup dengan handuk dan biarkan selama beberapa menit.

3 dari 7 halaman

3. Meredakan Migrain dan Sakit Kepala

Peppermint memiliki sifat menenangkan, serta membuat kebas. Sifat ini dipercaya sangat bermanfaat untuk orang yang memiliki sakit kepala akibat stres dan migrain. Beberapa peneliti menduga peppermint membantu mengendalikan aliran darah.

Bahkan, menurut salah satu penelitian, peppermint mempunyai manfaat yang sama dengan paracetamol, yakni untuk menghilangkan rasa sakit. Mengatasi sakit kepala, Anda bisa mencampur sedikit bubuk peppermint dengan air, usapkan di kedua pelipis saat sakit kepala.

Pijat dengan sangat lembut, sebagai alternatif Anda dapat mencampur sedikit bubuk peppermint dalam baskom yang sudah diberi air panas, hirup uap panasnya selama beberapa menit. Jika masih belum cukup, Anda bisa berendam di dalam air hangat.

Berendam akan mengurangi keparahan sakit kepala. Jangan lupa tambahkan beberapa sendok bubuk peppermint ke dalam bak mandi, sehingga Anda akan memperoleh manfaat relaksasi. Matikan lampu kamar mandi, serta gunakan lilin bila migrain semakin memburuk saat melihat cahaya terang.

4 dari 7 halaman

4. Meredakan Pilek dan Flu

Menthol yang ada di dalam peppermint akan membuat saluran hidung lebih lega. Walau tidak benar-benar memiliki sifat dekongestan untuk mengencerkan ingus, nantinya peppermint akan merangsang reseptor sensorik hidung, sehingga Anda merasa seperti bernapas lebih bebas.

Manfaat yang dimiliki peppermint untuk pernapasan ini juga bisa meredakan hidung tersumbat akibat batuk dan pilek karena debu. Untuk meredakan pilek dan flu, Anda bisa mencampurkan bubuk peppermint dan sedikit air, kemudian hirup aromanya selama beberapa menit.

5 dari 7 halaman

5. Meredakan Gatal karena Gigitan Serangga

Peppermint memiliki sifat yang menyejukkan dan dingin. Bubuk peppermint dapat digunakan untuk meredakan gatal, serta kemerahan pada kulit akibat tanaman beracun atau gigitan serangga.

Anda bisa mengoleskan bubuk peppermint yang sudah diencerkan ke kulit kemerahan, tunggu sampai beberapa saat sehingga efek dinginnya dapat meredakan masalah kulit.

6 dari 7 halaman

6. Meredakan Masalah Pencernaan

Peppermint juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, terutama untuk IBS atau irritable bowel syndrome. IBS merupakan gangguan usus yang menyebabkan kram perut, perut kembung, serta BAB jadi kurang teratur.

Sebuah penelitian menunjukkan, suplemen herbal yang memiliki kandungan peppermint dapat meredakan gejala IBS. Peppermint akan mengaktifkan saluran anti-nyeri yang berada di usus besar sehingga bisa mengurangi rasa nyeri karena peradangan usus.

7 dari 7 halaman

7. Meredakan Mual

Manfaat peppermint yang lain adalah untuk meredakan mual, termasuk morning sickness ketika hamil. Peppermint akan menenangkan otot perut, serta memperbaiki aliran empedu yang digunakan tubuh mencerna lemak.

Tak hanya melalui suplemen herbal, ketika gejala mual menghampiri, hirup aromaterapi peppermint, atau seduh bubuk peppermint dan hirup selagi hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.