Sukses

6 Fakta Menarik Reisa Broto Asmoro, dari Finalis Puteri Indonesia Jadi Jubir Covid-19

Ditunjuk sebagai Jubir Baru Gugus Tugas Covid-19, dokter Reisa Broto Asmoro pernah unggah video tentang cara mencuci masker kain.

Liputan6.com, Jakarta - Dokter Reisa Broto Asmoro atau yang juga dikenal dengan Reisa Kartikasari kerap menghiasi layar kaca. Ia menyelesaikan pendidikannya, di Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan dan Universitas Indonesia.

Sosoknya mulai banyak dikenal publik lewat program Dr OZ Indonesia yang ia bawakan di sebuah stasiun televisi. Kini dokter kelahiran Malang, 34 tahun lalu itu sukses mencuri perhatian saat tampil di televisi. Pasalnya, sosok kelahiran 1985 ini mulai menjalankan peran sebagai anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas.

Bersama Achmad Yurianto, dia memaparkan kabar terkini terkait penanganan Covid-19 pada Senin, 8 Juni 2020.  Memiliki kemampuan di bidang kedokteran, tidak heran jika dokter Reisa ditunjuk menjadi juru bicara penanganan virus Corona Covid 19.

Ia mengatakan, sebagai juru bicara, akan memperkuat tugas Yurianto dalam menyampaikan pesan edukasi ke masyarakat terkait pencegahan dan pemutusan mata rantai Covid-19. Khususnya dalam era masa transisi menuju kenormalan baru.

"Kebiasaan untuk hidup lebih sehat, lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan agar bisa tetap produktif dan aman dari Covid-19. Sebab disiplin penting agar kehidupan kita semua tetap produktif dan terhindar senantiasa dari Covid," kata Reisa Broto Asmoro dalam pesan edukasinya saat konferensi pers harian, Senin 8 Juni 2020.

Untuk mengenal lebih dekat sosoknya, berikut ada enam fakta menarik seputar dokter Reisa Broto Asmoro yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Tips Mencuci Masker

Rasanya penunjukkan dokter Reisa Broto Asmoro sebagai salah seorang jubir Gugus Tugas Covid-19 tidak terlalu mengejutkan. Ia beberapa kali membagikan tips dan pengalaman seputar cara mencegah diri dari paparan Covid-19. Salah satunya adalah membagikan video cara mencuci masker kain di akun Instagramnya.

“Walaupun masker kain tampak sederhana, namun cara mencucinya tidak boleh asal-asalan agar efektvitas dan kebersihannya terjaga," kata Reisa dalam video yang diunggah pada 12 April 2020.

2. Ahli Forensik

Usai menyelesaikan pendidikannya, dokter Reisa fokus pada kariernya sebagai dokter di Rumah Sakit Forensik Polri Raden Saleh Kramat Jati sebagai ahli forensik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Finalis Puteri Indonesia

Tak hanya serius di bidang kedokteran, Reisa juga pernah mengikuti ajang kecantikan. Ia pernah menjadi peserta di ajang Puteri Indonesia 2010 sebagai perwakilan dari provinsi D.I Yogyakarta.

Ia pun meraih juara kedua alias Runner Up 1 dan menyabet gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2010, sedangkan pemenangnya di tahun itu adalah Nadine Alexandra. Bukan itu saja, Reisa juga sempat mewakili Indonesia dalam ajang Miss International 2011 yang digelar di Chengdu, Tiongkok.

4. Menikah dengan Pangeran

Reisa Broto Asmoro merupakan istri dari Tedjodiningrat Broto Asmoro, Kanjeng Pangeran termuda di Keraton Kasunanan Surakarta. Ia menikah pada November 2012. Kini keduanya telah dikaruniai dua buah hati, yakni Ramania Putri Broto Asmoro (5) dan R Satriyo Daniswara Broto Asmoro (2).

3 dari 3 halaman

5. Suka Traveling

Terlepas dari kesibukannya di bidang kedokteran, Reisa Broto Asmoro dikenal sebagai sosok wanita yang hobi traveling. Hal itu bisa dilihat dari sejumlah unggahan di akun Instagramnya.

Dalam beberapa kesempatan sebelum pandemi, dokter Reisa Broto Asmoro bahkan sempat mengunjungi sejumlah destinasi wisata bersama suami dan kedua anaknya. Di antaranya ke Thailand, Nusa Dua Bali, Taman Safari Indonesia dan Singapura. Selama pandemi, ia juga mengungkapkan kerinduannya untuk kembali traveling.

6. Punya Keponakan Penyanyi

Belum banyak yang tahu, ternyata dokter Reisa Broto Asmnoro merupakan tante dari Brisia Jodie, finalis Indonesia Idol musim kesembilan. Reisa beberapa kali mengunggah kebersamaannya dengan Jodie di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.