Sukses

3 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Pindah ke Rumah Baru

Ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut saat akan pindah ke rumah baru.

Liputan6.com, Jakarta - Menempati rumah baru bisa jadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Setelah menabung cukup lama, melewati proses panjang membeli rumah, akhirnya Anda bisa mendapatkan hunian yang diinginkan.

Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi Anda. Pindah ke rumah baru menjadi sesuatu yang harus disiapkan usai serah terima dari pengembang. 

Perlu persiapan lebih seksama agar proses pindahan berjalan lancar dan tidak banyak kerepotan di rumah yang baru. 

Namun, sebelum menghuni rumah tersebut, ada baiknya jika Anda melakukan hal-hal berikut ini.

Saksikan videonya berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Perhatikan seluruh bagian rumah pada saat serah terima

Pada tahap serah terima rumah, Anda sebaiknya lebih berhati-hati dan teliti. Beberapa pengembang biasanya cenderung lepas tangan pasca-serah terima, meski ada pula pengembang yang memberikan garansi selama 100 hari jika terjadi kecacatan pada properti.

Saat serah terima, berikut ini adalah hal-hal yang harus dicermati, periksa apakah ada dinding yang basah dan retak, cek kekokohan plafon, serta amati pintu yang terbuat dari kayu jikalau lembap. Jangan lupa juga untuk mengajak saksi saat momen serah terima tersebut berlangsung.

3 dari 4 halaman

2. Mengatur anggaran belanja perabot untuk mengisi rumah

Berapa sih bujet yang tepat untuk membeli perabot rumah? Sebenarnya, tak ada patokan khusus dalam hal ini. Tips Adhitya Mulya dari Rumah.com, biasanya biaya untuk furniture rumah adalah sebesar 10 persen. 

Tetapi, berbeda halnya jika Anda ingin membeli perabot rumah yang high-end. Pasti biaya yang dibutuhkan juga semakin besar, yakni sekitar 15--20 persen dari total anggaran yang sudah kita siapkan untuk membeli rumah.

4 dari 4 halaman

3. Tentukan skala prioritas dalam membeli perabotan

Anda mungkin bingung, barang-barang apa yang harus dibeli ketika pertama kali pindah rumah. Untuk itu, ada baiknya Anda membuat skala prioritas. Sebaiknya dahulukan membeli perabot yang sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan.

Tips bagi Anda ketika memutuskan untuk pindah rumah, belilah tirai untuk kebutuhan privasi. Tentu saja privasi Anda tidak ingin terganggu bukan? Tirai berfungsi untuk menghalangi pandangan orang dari luar ke dalam, begitupun sebaliknya.

Selain itu, ada baiknya jika Anda mendahulukan membeli furnitur untuk tiga ruang utama di rumah, seperti dapur, kamar tidur, dan ruang keluarga. Sebab, ketiga ruangan itu adalah sebuah hal yang mutlak bagi berlangsungnya kehidupan keluarga.

Lantas, bagaimana tips mengatur keuangan dan tata letak untuk rumah? Saksikan ulasan lengkapnya di kanal Rumahdotcom yang ada di Vidio.

Rumahdotcom merupakan situs jual beli properti yang juga menyajikan konten bermanfaat seputar tips dan panduan dalam membeli rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.