Sukses

Situasi Serba Sulit, Begini Cara Makan Hemat untuk Kamu Si Pecinta Kuliner

Supaya makan sehari-hari bisa lebih hemat namun tetap bergizi, kamu bisa lakukan 4 hal mudah ini.

Liputan6.com, Jakarta Urusan perut dan makanan memang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kalau sudah lapar, apalagi perut kosong harus segera diisi dengan makanan yang disukai dan bergizi. Namun di tengah situasi yang serba sulit dan masih terbatas saat ini kamu juga perlu pandai-pandai mengelola pengeluaran makanan.

Uang makan menjadi salah satu pos pengeluaran terbesar dalam satu bulan. Seiring berjalannya waktu berbagai macam kebutuhan makanan mengalami kenaikan. Kalau tidak pandai dalam mengelola keuangan, bisa-bisa akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat dan bergizi setiap hari. Terlebih menjaga kesehatan tubuh menjadi hal wajib yang harus dipenuhi di tengah pandemi.

Jadi, supaya makan sehari-hari bisa lebih hemat namun tetap bergizi, kamu bisa lakukan 4 hal mudah ini.

1. Masak makanan sendiri

Memasak sendiri menjadi solusi yang tepat untuk menghemat. Misalnya dengan uang Rp 100.000 - 200.000, kamu bisa beli banyak lauk-pauk yang setelah dimasak bisa untuk makan berkali-kali makan bersama anggota keluarga. Kamu bisa pakai trik masak sekali untuk dimakan dua kali dengan tambahkan sedikit variasi atau menu lain.

Selain lebih baik dari segi keuangan, juga baik untuk kesehatan. Kita bisa menyiapkan menu makanan sesuai selera dengan bahan-bahan yang kita tahu kualitas dan kebersihannya. Beli bahan makanan bisa di pasar tradisional maupun modern dan supermarket. Jangan ragu untuk menawar dan manfaatkan promo belanja.

2. Jangan terpaku dengan merek

Ketika membeli bahan-bahan masakan jadilah konsumen yang cerdas dan jangan berpatok pada harga premium maupun merek. Sekarang ini banyak barang sejenis dan kualitas yang bersaing dengan harga yang jauh lebih murah. Tak ada salahnya mencoba hal-hal baru sambil bereksperimen.

3. Pesan Paket Makanan

Sekali-kali tidak masak dan makan di luar tentu boleh dong. Untuk menghemat pengeluaran ini, kamu bisa pilih paket makanan. Misalnya paket makan dan minum, paket makan berdua atau bertiga, dan lainnya. Kalaupun ada menu yang tidak kamu inginkan, kamu bisa sharing ke anggota keluarga yang lain. Dari pada pilih menu biasa atau satuan, yang harganya nyaris sama tapi tidak mendapat tambahan manfaat.

4. Beli Voucher Makanan

Selain memanfaatkan promo makanan atau diskon yang diberikan oleh merchant, kamu juga biasa siasati dengan membeli voucher makanan. Potongan harganya bisa lebih besar dan menghemat pengeluaran kamu. Voucher senilai Rp 100.000, kamu cukup bayar Rp 70.000 saja.

Kabarnya baiknya, kini Tokopedia juga menyediakan voucher makanan dan voucher diskon yang menarik dari berbagai brand dan merchant. Cukup 1 kali transaksi, kamu bisa beli voucher makanan dalam jumlah lebih banyak. Lebih praktis, diskon lebih besar dan cashback maksimal. Buruan kunjungi Tokopedia dan temukan menu makanan yang kamu inginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini