Sukses

Cara Memanfaatkan Kembali 7 Produk Kosmetik Kedaluwarsa

Anda dapat memakai kembali kosmetik yang sudah kedaluwarsa untuk kegunaan lain yang tidak membahayakan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya makanan, produk kosmetik juga memiliki umur simpan dan dapat menyebabkan infeksi kulit jika digunakan setelah tanggal kedaluwarsa. Namun sebagian orang mungkin terlalu sayang untuk membuang produk kosmetik milik mereka.

Anda sebenarnya dapat memakai kembali kosmetik yang sudah kedaluwarsa tersebut untuk kegunaan lain yang tidak membahayakan kesehatan.

Dilansir dari Antara, 27 Mei 2020, berikut adalah tujuh cara untuk menggunakan kembali kosmetik yang sudah kedaluwarsa.

1. Maskara

Maskara umumnya kedaluwarsa dalam tiga hingga enam bulan. Anda dapat menggunakan maskara yang kedaluwarsa untuk menutupi uban. Selain itu sikat maskara yang sudah dibersihkan bisa digunakan untuk merapikan alis.

Bahkan, Anda bisa membuat scrub bibir sendiri dengan menggunakan sikat maskara yang bersih. Caranya, cukup tuangkan beberapa tetes minyak esensial ke sikat maskara dan gosok bibir dengan lembut.

2. Eye shadow

Ada baiknya untuk mengganti eye shadow Anda setahun sekali dengan produk yang baru. Eye shadow lama bisa diubah menjadi cat kuku custom, hanya dengan mencampur bubuk eye shadow pilihan Anda dengan cat kuku bening.

3. Face Tonner

Umumnya tonner kulit memiliki kadar alkohol yang tinggi. Jadi ketika produk ini memasuki masa kedaluwarsa Anda dapat menggunakannya sebagai pembersih kaca, cermin, bahkan layar ponsel Anda.

4. Lipstik

Lipstik favorit Anda bisa berubah menjadi pelembab bibir berwarna. Panaskan lipstik Anda yang sudah kedaluwarsa agar bakteri yang terdapat di dalamnya mati dan lipstik menjadi cair. Campur cairan lipstik tadi dengan vaseline atau petroleum jelly, maka jadilah pelembab bibir baru dengan warna pilihan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Face Oil

Face oil yang baru saja melampaui umur simpannya dapat digunakan sebagai eksfoliator. Cukup campurkan face oil dengan gula atau bubuk kopi dan gunakan campuran ini untuk eksfoliasi tubuh.

6. Lip balm (pelembab bibir)

Pelembab bibir kesayangan Anda yang kedaluwarsa dapat dimanfaatkan untuk membantu menjaga kaki dari luka lecet, melembapkan kutikula kuku, hingga melancarkan ritsleting yang macet. Kandungan petroleum jelly pada pelembab bibir juga bisa digunakan untuk menjaga kulit sepatu tetap berkilau.

7. Parfum

Parfum yang kedaluwarsa dapat menyebabkan iritasi pada kulit penggunanya. Sebaiknya simpan wadah parfum dengan tutup terbuka di kamar mandi atau di ruang lainnya. Hal ini akan membuat wadah parfum berfungsi sebagai pewangi ruangan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini