Sukses

3 Bahan Alami untuk Obati Sakit Gigi, Mau Tahu?

Salah satu bahan alami yang bisa jadi obat sakit gigi sementara adalah bawang.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda mengalami sakit gigi? Rasanya pasti tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, bukan?

Tak hanya ngilu saat makan, sakit gigi juga menyebabkan gejala lain seperti sakit kepala dan badan meriang atau demam. Namun apa jadinya bila saat butuh ke dokter gigi, Anda kesulitan datang berkonsultasi?

Nah, berikut ada tiga tips alami yang bisa membantu meredakan sakit gigi walau hanya sementara. Apa saja? Berikut rangkumannya seperti disusun oleh tim Ngovee dari Jovee.

Kumur Air Garam

Air garam adalah salah satu obat sakit gigi alami paling populer. Anda bisa melakukannya dengan mudah di rumah. Pertama, buatlah larutan air garam terlebih dulu. Lalu, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat berukuran 240 ml.

Jika sudah, kumurlah dengan air garam dalam mulut selama beberapa saat. Pastikan untuk konsentrasikan larutan garam tersebut pada area yang sakit. Lalu, buanglah air bekas kumuran tersebut.

Mengapa air garam bisa menyembuhkan sakit gigi? Diketahui, garam berfungsi menyerap kelembapan dalam mulut guna membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, garam juga efektif mengurangi peradangan akibat infeksi.

Untuk hasil yang optimal, pastikan untuk rutin berkumur air garam tiap hari. Sebelum berkumur, disarankan untuk flossing terlebih dulu supaya sisa makanan yang terselip di antara gigi yang sakit bisa dikeluarkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kompres dengan Air Es

Tak dipungkiri ketika sakit gigi, area sekitar gigi akan terasa hangat dan ngilu. Nah, salah satu cara mengobati rasa sakit ini bisa dengan cara kompres es.

Caranya, masukkan beberapa bongkah es ke dalam plastik, lalu lapisi dengan washlap tipis. Kemudian, kompres bagian pipi yang terasa sakit selama kurang lebih 15 menit.

Kamu juga bisa menempelkan langsung kompresan es pada permukaan gigi yang sakit. Cara ini efektif untuk membuat saraf gigi kebas sehingga rasa ngilu yang seharusnya dirasakan jadi menghilang.

Ada trik mengatasi rasa sakit gigi lain yang bisa Anda lakukan menggunakan kompres es. Caranya, pijat bagian punggung tangan, tepatnya antara ibu jari dan telunjuk menggunakan kompres es batu.

Pada area tersebut terdapat saraf-saraf yang sensitif terhadap rangsang dingin. Upaya tersebut dipastikan mengalahkan rasa sakit pada gigi kamu, dengan catatan sisi tangan yang dipijat sama dengan sisi gigi yang ngilu.

3 dari 4 halaman

Kunyah Bawang Mentah

Selain garam, tahukah Anda bahwa bawang merah maupun bawang putih mampu mengobati sakit gigi? Ya, kedua jenis bawang tersebut adalah obat sakit gigi yang jarang diketahui orang-orang.

Hal ini dikarenakan dalam bawang merah dan bawang putih bersifat antiseptik dan antimikroba, sehingga mampu membunuh kuman penyebab sakit gigi dan mengendalikan nyeri yang dirasakan.

Cara penggunaan bawang ini untuk obat sakit gigi adalah dengan mengunyahnya. Kunyahlah bawang merah mentah selama beberapa menit pada bagian sisi mulut yang ngilu. Ketika bawang tersebut terkoyak oleh gigi, allicin akan dilepaskan.

Allicin adalah zat berminyak yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Lalu, bagaimana jika kamu merasa tidak mampu mengunyah bawang? Bisa dengan cara mengiris tipis bawang tersebut dan letakkan pada bagian gigi yang sakit sebagai kompres.

Itulah beberapa pengobatan alami sakit gigi yang bisa dilakukan secara mandiri. Nah, jika dirasa kurang ampuh, bisa beralih ke obat kimia dari apotek. Namun, pastikan sesuai dengan resep dokter.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini