Jaringan Hotel Accor Siapkan Protokol Kebersihan dan Aturan Baru bagi Tamu Sambut New Normal

Oleh Henry pada 28 Mei 2020, 12:02 WIB
Diperbarui 28 Mei 2020, 12:02 WIB
Ilustrasi Kamar Hotel

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 masih mewabah di hampir semua negara di dunia. Namun bukan berarti bidang usaha seperti hotel dan penginapan tidak bisa berjalan lagi. Sambil menantikan vaksin Covid-19 yang diharapkan bisa segera terwujud, kehidupan harus terus berlanjut dengan menerapkan new normal atau standar kehidupan baru di tengah pandemi yang mengutamakan kebersihan dan kesehatan.

Untuk itu, Accor yang merupakan perusahaan hotel dan AXA yang bergerak di bidang asuransi kesehatan meluncurkan kemitraan strategis untuk menawarkan dukungan medis yang unik di hotel-hotel di seluruh dunia  Keduanya baru saja mengumumkan kemitraan strategis inovatif untuk menyediakan dukungan medis kepada para tamu di 5.000 hotel Accor di seluruh dunia.

"Kemitraan khusus dengan AXA telah kami kerjakan selama beberapa bulan ini dan bahkan lebih masuk akal dalam konteks hari ini. Sekitar 300 ribu anggota tim kami di lapangan akan dapat membantu tamu kami dan memastikan keamanan mereka selama menginap, mengubah hotel kami menjadi tempat berlindung. Inisiatif ini dikombinasikan dengan ALLSAFE protokol kebersihan kami," jelas Sébastien Bazin, Chairman and CEO of Accor, dalam keterangan tertulis pada Liputan6.com, Rabu, 27 Mei 2020.

Ada sejumlah prosedur yang akan diterapkan saat mereka kembali membuka semua jaringan hotelnya pada Juli 2020. Semua hotel di jaringan Accor Group akan menggunakan standar kebersihan dan pencegahan yang dilakukan oleh Bureau Veritas, sebuah perusahaan terkemuka di bidang pengetesan, inspeksi, dan sertifikasi.

Semua hotel harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Bureau Veritas, dan menerima label ALLSAFE. Apa saja prosedur yang akan dijalankan?

1. Semua restoran, bar dan tempat duduk di area publik harus meneraplan pola menjaga jarak, sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah setempat, seperti social distancing atau physical distancing.

2. Para tamu akan disediakan alat pembersih seperti hand sanitizer, alat penyeka maupun masker pribadi yang akan digunakan di area publik, dan akan ada tanda atau petunjuk di tempat mana saja alat-alat tersebut harus digunakan.

3. Para tamu akan diukur suhu tubuhnya saat memasuki hotel, lalu barang-barang yang dibawa akan disemprotkan disinfektan. Selain itu, lobi atai meja depan harus diberi partisi dan harus menjaga jarak antara petugas dengan para tamu. Pihak hotel juga akan menyediakan kebutuhan kebersihan lainnya bila diperlukan.

4. Untuk pembayaran maupun transaksi lainnya di lobi atau meja depan, diusahakan petugas hotel dan tamu tidak akan bersentuhan. Intinya, sebisa mungkin menghindari kontak fisik.

2 dari 3 halaman

Restoran dan Baru Dibuka Kembali

Pengakuan pegawai hotel (3)
Ilustrasi bar di hotel. (Sumber Pexels)

Masalah kebersihan makanan juga akan lebih diperhatikan. Accor sejak 2016 mengklaim sudah menerapkan standar kebersihan yang tinggi dengan hanya menyediakan makanan dan minuman dari bahan-bahan berkualitas, bersih dan berkelanjutan.

Saat ini, mereka sudah menetapkan standar kebersihan makanan dan minuman agar terhindar dari paparan Covid-19. Nantinya, restoran dan bar akan dibuka kembali dengan tetap menjalankan prosedur yang sudah ditetapkan pemerintah seperti para tamu harus duduk agak berjauhan minimal satu meter.

Satu meja maksimal ditempati delapan orang, lalu akan ada hand sanitizer di tiap restoran atau bar. Para pegawai akan memakai masker dan sarung tangan. Selain itu akan ada prosedur baru untuk sistem buffet di restoran yang akan lebih mengutamakan kebersihan.

Pada Juli 2020 yang menandai dimulainya kerja sama Accor dengan Axa, para tamu akan mendapat beragam fasilitas dan kemudahan dalam hal kesehatan. Para tamu akan mendapatkan fasilitas telemedicine melalui akses gratis ke telekonsultasi medis.

Para tamu juga akan mendapatkan akses ke jaringan luas medis AXA dengan puluhan ribu medis profesional yang sudah terevaluasi. Hal ini akan memungkinkan hotel untuk membuat rujukan yang paling relevan, seperti bahasa dan spesialisasi, untuk para tamu mereka di 110 destinasi di mana Accor berada.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓