Sukses

Super Luas, Ada Masjid dan Banyak Lukisan di Rumah Dinas Ridwan Kamil

Di rumah dinasnya yang sangat luas, Ridwan Kamil menempatkan berbagai lukisan karyanya sendiri di beberapa ruangan.

Liputan6.com, Jakarta - Pada acara Silaturahome yang digelar Liputan6.com dan KLY secara daring pada Rabu 27 Mei 2020, menghadirkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan artis Aura Kasih.

Kang Emil, begitu ia akrab disapa, dalam acara itu menyebut jamu sebagai new normal espresso di era sekarang. Di masa pandemi seperti sekarang ini, menjaga kesehatan memang sangat penting.

Salah satunya dengan mengonsumsi jamu. Namun ada hal lain yang juga menarik perhatian warganet, yaitu rumah Ridwan Kamil.

Dalam acara tersebut, Kang Emil memang sempat memperlihatkan beberapa bagian rumah dinasnya secara singkat. Meski hanya sekitar satu menit, kita bisa melihat beberapa ruangan di rumah dinas yang sangat luas itu.

"Saya lagi open house, jadi mau kasih liat beberapa bagian rumah saya, cuma satu menit saja. Mulai dari ruangan ini, di sini ada meja kayu, ini biasanya tempat saya menerima tamu," ucap Kang Emil.

Di ruangan tersebut terlihat banyak lukisan yang ternyata karya Kang Emill sendiri. Pria berusia 48 tahun itu memang suka melukis dan beberapa kali membagikannya di media sosial.

Sebagai seorang arsitek, Ridwan Kamil tak hanya suka membuat rancangan bangunan seperti rumah maupun tempat ibadah, tapi juga pun hobi melukis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lukisan Abstrak dan Masjid

Ia memperlihatkan beberapa lukisannya. Ada yang bertema Kaligrafi, Manhattan New York dan Ikan sedang Thawaf. Warna-warna cerah dari lukisan tersebut sepertinya membuat ruangan jadi lebih cerah dan hidup.

Kang Emil kemudian memperlihatkan bagian dapur yang cukup panjang. Di bagian tengah ada tempat memasak dan wastafel. Lalu ada di ujung ruangan terlihat ada kulkas dua pintu.

Ruangan dapur menyambung dengan ruang makan yang terkesan sangat luas. Itu karena ruang makan menyatu dengan ruang keluarga yang cukup besar.

Saat berjalan ke ruang keluarga, ia berpapasan dengan putranya, Emmiril Khan Mumtadz yang sedang berada di rumah. "Ini anak saya yang laki-laki, masih jomblo, lho," candanya dengan gaya yang khas.

Di ruangan tersebut juga ada beberapa lukisan. Beda dengan di ruang kerjanya yang terkesan ceria, lukisan di ruang keluarga lebih beraliran abstrak.

Selain itu, ada foto Kang Emil beserta istri dan kedua anaknya yang cukup besar. Ridwan Kamil kemudian memperlihatkan bagian luar rumah dinasnya yang juga sangat luas.

"Ini rumah dinas dari zaman Belanda, bangunannya besar dan halamannya luas, ada masjid juga di sini," pungkasnya.

Setelah itu Kang Emil mengakhiri tur singkat di rumah dinasnya dan kembali ke ruang kerjanya.

Sebenarnya bukan kali ini saja. Sebelumnya, presenter Boy William juga sempat berkunjung ke rumah dinas Ridwan Kamil. Namun, ia hanya memperlihatkan beberapa bagian rumah secara singkat di akun Instagramnya.

3 dari 4 halaman

Kamar untuk Presiden

Dalam unggahan pada 21 Januari 2020 itu disebutkan kalau rumah dinas tersebut bernama Gedung Pakuan yang berlokasi di Jalan Cicendo, Bandung. Ridwan Kamil dan keluarganya menempati rumah tersebut sejak terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat pada 2018.

Namun dalam video tersebut tidak terlihat sosok Kang Emil tapi hanya ada istrinya, Atalia Praratya. Boy terlihat kaget melihat luasnya rumah Gubernur Jawa Barat itu.

Selain dipenuhi dengan perabotan-perabotan mewah, rumah dinas itu juga dipenuhi dengan kamar-kamar spesial. Boy William yang berniat untuk bermalam di kediaman Ridwan Kamil mengaku sangat tersanjung.

"Kita punya kamar spesial, sebenernya itu buat presiden. Tapi karena dari dulu belum ada yang ke sini, jadi silakan saja dipakai kamarnya," ucap Athalia.

"Jadi ceritanya dua kamar ini yang satu buat presiden, yang satu buat wapres," timpal Boy yang diiyakan Athalia.

Istri Ridwan Kamil itu memperlihatkan sebuah kamar yang sangat besar. Selain ada tempat tidur yang besar, ada juga beberapa bangku dan sebuah meja serta meja kerja.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini