Sukses

6 Tips Bikin Masker Lebih Nyaman Saat Dikenakan

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tetap nyaman mengenakan masker wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Mengenakan masker dan rajin mencuci tangan menjadi upaya melindungi diri di tengah pandemi corona Covid-19. Bersamaan dengan itu, saat ini juga beredar masker-masker dengan aneka motif dan terbuat dari beragam bahan.

Namun tak jarang, pemakaian masker dalam jangka waktu lama menimbulkan rasa tidak nyaman bagi sebagian orang. Dilansir dari Yourtango, Rabu, 27 Mei 2020, jika mengenakan masker dengan tali telinga elastis, dapat menggosok telinga Anda dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Selain itu, jika masker terlalu ketat, tali masker di telinga mungkin menarik telinga Anda dan menimbulkan rasa sakit. Lalu, bagaimana kiat untuk tetap nyaman memakai masker? Simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Pastikan masker pas

Masker dapat membantu Anda dari menyentuh wajah, selama Anda tidak menyesuaikan dan memainkannya. Karena itu, waspadalah dengan penggunaan masker yang harus dipasang dengan benar. Jika maskernya terasa tidak nyaman, kemungkinan besar Anda mengenakannya yang terlalu ketat.

2. Pastikan Anda bisa bernapas

Karena cuaca di beberapa daerah menjadi lebih hangat, banyak orang memakai masker selama latihan harian mereka, atau bahkan untuk berjalan-jalan santai yang menyenangkan.

Tetapi jika Anda tidak bisa bernapas saat memakai masker, Anda bisa sakit, atau bahkan melepasnya. Saat memakai masker, tentunya Anda tidak seperti tercekik dan tetap bisa bernapas dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tata rambut sebelumnya

Jika Anda memiliki rambut panjang dan ikat telinga cukup melar, Anda dapat menata rambut Anda dengan disanggul atau dikuncir. Kemudian, lilitkan loop band di sekitar rambut Anda, bukan di telinga Anda.

4. Perhatikan bahan yang digunakan

Pertimbangkan bahan dari masker yang Anda gunakan. Sebaiknya, masker wajah Anda terbuat dari bahan katun 100 persen.

"Bahan ini lebih dingin dari polyester dan tidak akan membuat Anda sepanas itu. Bahan ini juga cenderung membuat pernapasan lebih mudah, membuat masker lebih nyaman," kata Dr. Stephen Lloyd, ketua petugas medis di JourneyPure.

3 dari 4 halaman

5. Jangan memberi pelumas pada masker

Beberapa orang menyarankan meletakkan Vaseline di bawah masker untuk menghindari iritasi. Tetapi menurut dokter, ini bukan jalan yang harus ditempuh.

"Kami tidak merekomendasikan melumasi masker Anda. Wajah bersih adalah yang terbaik. Kami sangat menyarankan Anda merawat kulit Anda untuk memastikan kulitnya lembap dengan baik," kata Robert Raimondi, dokter gigi dari One Manhattan Dental.

6. Ketahui kapan harus mengganti masker

Bagaimana Anda tahu kapan harus mengganti masker Anda? Sama seperti apa pun yang Anda kenakan, jika tali telinga itu direntangkan dari bentuknya atau kain maskernya terasa menipis atau robek, sudah saatnya untuk menggantinya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan tergantung pada seberapa sering Anda mencucinya atau seberapa kuat itu pada awalnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.