Pangeran Harry dan Meghan Markle Mulai Mencicil Utang Biaya Renovasi Rumah Pemberian Ratu Elizabeth II

Oleh Dinny Mutiah pada 27 Mei 2020, 09:02 WIB
Diperbarui 28 Mei 2020, 05:46 WIB
Frogmore House

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle mulai mencicil utang biaya renovasi Frogmore Cottage. Biaya renovasi rumah pemberian Ratu Elizabeth II itu mencapai 2,4 juta pound sterling atau lebih dari Rp43 miliar. 

Pembayaran utang dilakukan segera setelah Pangeran Charles sepakat untuk menanggung biaya keamanan pasangan tersebut yang kini tinggal di Amerika Serikat. Duke dan Duchess of Sussex itu berjanji untuk membayar biaya renovasi rumah saat memutuskan mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris.

Pasangan yang menikah pada 19 Mei 2020 tersebut ingin mempertahankan Frogmore Cottage sebagai kediaman mereka bila sedang berkunjung ke Inggris. Rumah lima kamar tersebut kini kosong tanpa kehidupan.

Dikutip dari The Sun, Rabu (27/5/2020), sebuah sumber mengatakan Harry dan Meghan tampaknya kekurangan uang setelah tim keamanan dari Kepolisian Metropolitan ditarik setelah mereka pindah ke Los Angeles. Daily Mail melaporkan Pangeran Harry sempat meyakini hingga menit-menit terakhir bahwa mereka bisa mempertahankan tim keamanan yang ada.

Namun, otoritas di Kanada, tempat di mana mereka tinggal sebelum pindah ke Los Angeles, menegaskan bahwa mereka tidak akan menyediakan perlindungan bagi pasangan Harry dan Meghan. Pernyataan senada juga dilontarkan Presiden AS Donald Trump yang meminta mereka membayar biaya keamanan sendiri.

Orangtua Archie Harrison itu akhirnya menyewa jasa tim keamanan swasta yang biayanya diperkirakan mencapai empat juta pound sterling per tahun. Karena pengeluaran tak terduga itu, Meghan dan Harry dilaporkan meminta Pangeran Charles membiayai ongkos keamanan sehingga mereka bisa membayar utang karena Frogmore.

"Mereke mengira pembayar pajak di Inggris akan terus membayari tagihan untuk perlindungan mereka tetapi kemudian saat fasilitas ditarik dari mereka, mereka lalu meminta Pangeran Charles membantunya," kata seorang sumber kepada Daily Mail.

 

2 dari 3 halaman

Berapa Cicilannya?

Meghan Markle dan Pangeran Harry
Meghan Markle dan Pangeran Harry (Foto: © AFP)

Pasangan Sussex itu akan mencicil utang mereka sebesar 18 ribu pound sterling atau sekitar Rp327 juta per bulan untuk biaya renovasi. Dalam perjanjian diketahui ada kesepakatan sewa tambahan di mana mereka membayar lebih dari harga komersial sehingga eksesnya bisa digunakan untuk membayar ongkos renovasi.

Diperkirakan, mereka baru bisa melunasi utang sebelas tahun lagi. Itu pun bila tak memasukkan perhitungan bunga maupun biaya rutin yang keluar untuk merawat properti.

Rumah itu sebelumnya direnovasi enam bulan agar Harry dan Meghan bia pindah sebelum kelahiran bayi Archie. Properti yang terdaftar sebagai Grade II itu memerlukan penyambungan kabel kembali dan pemasangan kompor gas modern dan saluran air.

Namun, pasangan itu hanya menempatinya selama beberapa minggu saja. Bahkan, anak mereka lebih sering tinggal di luar Inggris.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓