Sukses

Chef Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang Padang dari William Wongso

Sebelumnya, Chef Gordon Ramsay sudah belajar memasak rendang Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya kalau salah seorang chef terpopuler di dunia, Gordon Ramsay, belajar masak rendang padang, yang disebut-sebut sebagai makanan terenak di dunia?

Itu bisa kita lihat di tayangan National Geographic Channel. Yang menarik lagi, Ramsay belajar memasak rendang dari chef senior dan pakar kuliner Indonesia, William Wongso. Ramsay juga pernah belajar memasak rendang Malaysia sebelumnya.

Tak hanya belajar memasak rendang, Ramsay juga memasak berbagai kuliner khas Sumatera Barat dan mempelajari berbagai budaya daerah tersebut.

Dilansir dari laman National Geographic serta akun Instagram Gordon Ramsay dan William Wongso, semua itu akan terangkum dalam program 'Gordon Ramsay: Uncharted'.

Proses syuting sudah dilakukan pada Januari 2020 di Bukittinggi dan beberapa daerah lainnya di Sumatera Barat. Gordon Ramsay menjelajahi sejumlah budaya khas Sumatera Barat untuk syuting Uncharted.

Di sana ia belajar masak rendang bersama pakar kuliner Indonesia, William Wongso. Saat itu, tak ada publikasi besar-besaran tentang kedatangan Ramsay.

Kedatangannya hanya diketahui dari unggahan-unggahan orang lain yang bertemu dengannya di sana. Ada juga 'clue' berupa foto Gua Ngalau Simarasok yang diunggah koki asal Inggris tersebut di akun Instagramnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gordon Ramsay Mengulek Bumbu

Gordon Ramsay diketahui belajar memancing udang di gua, mencicipi durian, sampai belajar mengulek bumbu di cobek saat ke pasar tradisional.

Ia juga memasak belajar memasak Bika, camilan khas Minangkabau yang terbuat dari kelapa dan dimasak dalam pot tanah liat di atas kayu manis.

Foto Gordon Ramsay sedang mengulek ini diunggah di akun Instagram William Wongso. Banyak warganet yang kagum sekaligus penasaran ingin melihat bagaimana chef yang terkenal galak saat menjadi juri lomba masak di televisi ini mengulek.

"Penasaran, gimana GR abis ngerasain ngulek 😆," komentar seorang warganet yang langsung dijawab oleh Willaim. "capék 🤣🤣🤣" tulisnya singkat.

Ramsay juga sempat merasakan tradisi makan bersama khas masyarakat Minangkabau, yang disebut bajamba. Namun, yang menjadi momen paling ditunggu adalah saat Ramsay belajar memasak rendang.

3 dari 4 halaman

Mengawetkan Daging

Ramsay juga mempelajari filosofi masakan tersebut. Salah satunya adalah kebiasaan masyarakat setempat yang banyak membuat makanan dari bahan cabai dan rempah-rempah yang bertujuan untuk mengawetkan daging.

Itu karena banyak dari mereka yang dulunya belum punya lemari pendingin. Proses memasaknya yang panjang membuat rendang mampu bertahan untuk disimpan selama berhari-hari bahkan sampai hitungan bulan.

William Wongso yang telah setengah abad berkarier sebagai juru masak telah menantang Ramsay untuk memasak rendang daging sapi di Indonesia.

Kabarnya Gubernur Sumatera Barat akan menjadi juri yang akan mencicipi hidangan rendang dari kedua koki senior ini.

Program 'Gordon Ramsay: Uncharted' Season 2 akan mulai tayang pada 7 Juni 2020. Namun, edisi yang menmpilkan pria berusia 53 tahun tersebut memasak rendang baru akan tayang pada 29 Juni 2020 di National Geographic Channel.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini