5 Cara Pakai Masker yang Tepat di Masa Pandemi

Oleh Putu Elmira pada 27 Mei 2020, 05:01 WIB
Diperbarui 27 Mei 2020, 05:01 WIB
masker-kezo

Liputan6.com, Jakarta - Guna menekan jumlah penyebaran pandemi corona Covid-19, masyarakat diimbau untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Selain itu, penggunaan masker pun diwajibkan ketika terpaksa harus ke luar rumah.

Apapun jenis masker wajah yang dikenakan, hal yang penting untuk diperhatikan adalah memastikan Anda menggunakannya dengan cara yang benar. Hal tersebut tidak lain untuk tetap aman dengan menghindari kesalahan.

Lantas, bagaimana cara menggunakan masker yang tepat di masa pandemi corona Covid-19? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Bustle, Selasa, 26 Mei 2020 di bawah ini.

1. Jangan menyentuh masker saat mengenakannya

Hindari menyentuh bagian depan masker dan bagian yang bersentuhan dengan hidung dan mulut Anda. Saat memakai atau melepaskan masker, Anda harus menggunakan pengait atau pengikat telinga dan, setelah dipakai, jangan disesuaikan.

Setelah Anda melepaskan masker, jangan menyentuh wajah Anda sama sekali sampai Anda mencuci tangan dengan bersih.

 
2 dari 4 halaman

2. Pastikan masker menutupi mulut dan hidung

[Fimela] Virus Corona
Ilustrasi mengenakan masker untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh | unsplash.com/@anikolleshi

Masker harus menutupi mulut dan hidung dan memungkinkan Anda bernapas dengan nyaman. Dalam kebanyakan kasus, masker akan turun di bawah dagu dan diam di atas jembatan hidung Anda. Pastikan masker aman sehingga tidak akan terlepas saat Anda keluar.

3. Minimalisir celah

Mengencangkan masker Anda untuk meminimalkan celah akan memastikan perlindungan terbaik dan menghindarinya agar masker tidak turun saat Anda keluar rumah.

3 dari 4 halaman

4. Gunakan tangan yang bersih

ilustrasi memakai masker medis
ilustrasi memakai masker medis (sumber: iStockphoto)

Cuci tangan atau gunakan pembersih tangan pada setiap tahap penggunaan masker Anda. Mulai dari sebelum memakainya, sebelum melepasnya, dan setelah melepasnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jangan menyentuh atau menyesuaikan masker Anda setelah itu.

5. Cuci masker secara teratur

Menurut Dr Yves Van Laethem, seorang ahli penyakit menular yang berbicara kepada Brussels Times, "masker wajah harus dicuci dengan mesin pada 60 derajat Celcius dengan deterjen konvensional, tidak memerlukan disinfektan khusus apa pun,".

Jika Anda tidak memiliki mesin cuci, Van Laethem menyarankan menempatkan masker wajah dalam panci dengan air mendidih atau menyetrika pada suhu "di atas di mana virus dapat bertahan hidup."

Anda harus menyimpan masker bekas dalam kantong plastik sampai Anda memiliki kesempatan untuk mencucinya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓