Terdampak Pandemi, Ciputra Artpreneur Salurkan Donasi Bagi Pekerja Seni

Oleh Liputan6.com pada 23 Mei 2020, 12:31 WIB
Diperbarui 23 Mei 2020, 12:31 WIB
Terdampak Pandemi, Ciputra Artpreneur Salurkan Donasi Bagi Pekerja Seni

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 mendorong sejumlah pihak untuk berbagi dan memberikan donasi. Salah satunya adalah Ciputra Artpreneur Jakarta.

Mereka menginisiasi kegiatan sosial #BersamaBantuSesama, sebuah program donasi dan bantuan yang diperuntukkan bagi para pekerja seni serta pekerja harian lepas yang terkena imbas pandemi.

Lewat program ini mereka memberikan bantuan awal 1.000 paket kebutuhan pokok kepada para pekerja seni dan pekerja harian lepas yang dilaksanakan secara simbolis di Jakarta, Senin, 18 Mei 2020.

Program yang sudah digaungkan sejak awal April 2020 ini merupakan sebuah kolaborasi antara Grup Ciputra, Teater Koma, Teater Keliling, Teater Gandrik, Bumi Purnati Indonesia, TEMAN, CCAI, Aku Anak Rusun, Titimangsa Foundation, Jakarta Move-in, Twilite Orchestra, The Resonanz, dan Purwacaraka Music Studio, dan didukung +Jakarta, platform kolaborasi dari Pemerintah DKI Jakarta.

Menurut Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Jakarta, Rina Ciputra Sastrawinata,, pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia dan lebih dari 210 negara telah berdampak cukup fatal di berbagai sektor kehidupan, termasuk bidang seni dan budaya. Di bidang seni dan budaya ini, elemen yang terkena imbas yaitu para penggiat seni.

Hal itu terlihat dari fakta bahwa berbagai pertunjukan seni dan budaya di Indonesia saat ini tidak digelar untuk sementara waktu. Para penggiat seni didefinisikan sebagai para kru dan pekerja harian lepas yang turut aktif mendukung kegiatan seni, budaya, dan industri kreatif di Indonesia.

Rina menyampaikan keprihatinannya terhadap para penggiat seni tanah air yang terimbas dampak pandemi. “Berangkat dari keprihatinan itu, kami mengampanyekan kegiatan donasi sosial #BersamaBantuSesama, dengan tujuan membantu para penggiat seni melewati masa-masa sulit,” terang Rina.

"Kami mewakili Ciputra Artpreneur menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang turut aktif membantu terlaksananya program ini, dan juga kepada semua donatur. Semoga semua kebaikan dan aksi mulia ini mendapat berkah dan balasan dari Tuhan," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Donasi Masih Terus Berjalan

Terdampak Pandemi, Ciputra Artpreneur Salurkan Donasi Bagi Pekerja Seni
Terdampak Pandemi, Ciputra Artpreneur Salurkan Donasi Bagi Pekerja Seni. (dok.Instagram @artpreneur/https://www.instagram.com/p/CAej1nSg4L0/Henry)

Sampai saat berita ini ditulis, program donasi sosial #BersamaBantuSesama untuk awalnya akan direalisasikan dalam bentuk penyaluran 1.000 paket kebutuhan sembako.

Namun mengingat kegiatan donasi masih terus berjalan sampai sekarang, tidak menutup kemungkinan kalau skala dan kuantitas penyaluran donasi akan bertambah.

"Beberapa hal yang perlu disampaikan bahwa donasi ini disalurkan ke penggiat seni di seluruh Indonesia, tidak hanya di Jabodetabek saja. Pendataan para penerima donasi ini juga melibatkan berbagai pihak karena program ini juga merupakan sebuah kolaborasi dengan lembaga-lembaga lain yang punya kompetensi di bidang seni, budaya, dan industri kreatif," ungkap Rina.

Rina menambahkan, aksi donasi #BersamaBantuSesama masih terus berjalan sampai sekarang dan dapat dilakukan dengan sejumlah cara. Antara lain melalui Virtual Account BCA atas nama Cip Art Peduli Kasih 04108 889 889.

Keterangan detil bisa dilihat pada akun media sosial Ciputra Artpreneur Jakarta (Instagram@artpreneur, Facebook @CiputraArtpreneur, dan Twitter @artpreneur) melalui scan QRis menggunakan akun GoPay, OVO, Dana, LinkAja dan berbagai e-wallet lainnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Cegah Corona, Begini Cara Sterilkan Pesawat dengan Sinar UV