Jejamu, Inovasi Jamu untuk Kaum Milenial

Oleh Liputan6.com pada 21 Mei 2020, 22:13 WIB
Diperbarui 22 Mei 2020, 22:31 WIB
Jejamu, Inovasi Jamu untuk Kaum Milenial
Perbesar
Jejamu, Inovasi Jamu untuk Kaum Milenial. foto; istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Minuman jamu kini tidak hanya menjadi kebutuhan tapi juga sudah menjadi tren dan gaya hidup dikalangan anak muda. Maklum, minuman tradisional asli bangsa Indonesia ini selain rasanya yang kini nikmat juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah terjangkit virus jika rutin mengonsumsinya.

Apalagi saat informasi virus corona Covid-19 mulai merebak, permintaan akan minuman jamu pun semakin meningkat. Berbagai promosi pun dibuat lebih menyenangkan dan variatif, tentu saja dengan selera anak muda, khususnya kaum milenial.

Seperti yang dilakukan oleh Mustika Ratu yang baru-baru ini mengajak milenial untuk ngabuburit bersama “ Ngabuburit di Dapur Jejamu”. Program yang ditayangkan secara Live di Instagram Mustika Ratu berhasil menarik pengunjung yang cukup besar dan didominasi oleh remaja atau kaum milenial.

Selain itu juga program ini mendatangkan bintang tamu seperti Puteri Indonesia Pariwisata 2020, Jihane Almira Chedid, sebagai wakil milenial penikmat jamu dan Jamu Barista Mustika Ratu, Ahmad Suganti. Ia menunjukan secara langsung bagaimana mengolah jamu menjadi minuman yang nikmat dan segar dan pastinya cocok untuk selera anak muda.

“Aku kenal jamu sejak kecil, setiap nenek dan mama minum jamu aku selalu minta jahe merah, sekarang aku lebih sering menikmati jamu, apalagi sudah ada Jejamu by Mustika Ratu, selain rasanya yang nikmat juga sehat, aku juga baru kali ini melihat langsung bagaimana Jamu Barista mengelola Jejamu menjadi minuman yang sangat nikmat,” terang Jihan saat tampil dalam Live Instagram Ngabuburit di Dapur Jejamu di MustikaRatu, Jakarta, 19 Mei 2020.

Hal senada juga dikatakan oleh Brand Team PT Mustika Ratu Tbk, Aldy Giraldie, yang juga menjadi narasumber dalam live Instagram Mustika Ratu,

“Minuman jamu kini bukan lagi konsumsi orang tua dengan rasa yang pahit, melainkan minum jamu saat ini sudah menjadi kebutuhan dan kebanggaan,” tuturnya.

Jamu saat ini hadir dengan berbagai variasi rasa dan modern serta mudah untuk didapatkan melalui pesan secara online, seperti Jejamu by Mustika Ratu. Jejamu By Mustika Ratu telah hadir sejak 2019 dan secara resmi diluncurkan pada Januari 2020 bertepatan dengan hari jadi Sang Empu Jamu, DR. BRA. Mooryati Soedibyo di Jakarta.

Sejak resmi diluncurkan Jejamu By Mustika Ratu terus berkembang dan kini menjadi kebanggan serta gaya hidup kaum milenial. Aldy menambahkan bahwa “Jejamu by Mustika Ratu diolah secara langsung, dibuat fresh dari Mustika Ratu dan dikirim langsung ke konsumen.

Jejamu by Mustika Ratu memiliki 5 varian rasa seperti Jejamu Bebaskan Virusmu (Jahe Merah Sereh), Jejamu Anti Stress (Kunyit Asem), Jejamu Jaga Hatimu (Temulawak Latte), Jejamu Bantu Semangatmu (Coco Pandan Latte) dan Jejamu Lindungi Sehatmu (Golden Tumeric Latte) yang tersedia dalam kemasan 300 ml dengan harga Rp25 ribu dan kemasan 500 ml dengan harga Rp30 ribu.

Jejamu by MustikaRatu mengandung Seri Paket Imun Booster yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah virus.  Jejamu juga sangat cocok sebagai minuman berbuka puasa, selain rasanya yang segar dan nikmat juga dapat meningkatkan stamina dan menjaga kesehatan tubuh.

Jejamu, Inovasi Jamu untuk Kaum Milenial
Perbesar
Jejamu, Inovasi Jamu untuk Kaum Milenial. foto; Instagram @jejamubymustikaratu

Untuk menikmati Jejamu by Mustika Ratu sangat mudah, dapat dipesan melalui Whatsapp atau Grabfood dan jamu fresh akan diracik langsung oleh Jamu Barista Mustika Ratu. Untuk saat ini telah tersedia di wilayah DKI Jakarta, Bekasi dan Depok.

Jadi untuk kamu yang ingin mengetahui seputar Jejamu By Mustika Ratu, dapat mengikuti terus program Live Instagram MustikaRatu yang ditayangkan setiap minggunya.” jelas Aldy.

Lebih lanjut Direktur Business Development & Innovation PT Mustika Ratu Tbk, Kusuma Anjani menjelaskan bahwa “Setiap harinya Jejamu by Mustika Ratu terus mengalami peningkatan dalam melayani konsumen. Jejamu by Mustika Ratu memberikan jamu segar kepada pelanggan sekaligus mendukung inisiatif pemerintah yaitu #dirumahaja.

Khasiat Jejamu By Mustika Ratu dapat terlihat dari pendiri Mustika Ratu dan Sang Empu Jamu, DR. BRA Mooryati Soedibyo, yang selalu tampil sehat dan prima. Beliau terlihat awet muda dan sehat berkat kebiasaan minum jamu setiap hari yang telah diminumnya sejak kecil sampai sekarang.

Beliau terus melegenda menjadi Sang Empu Jamu yang diakui hingga skala internasional, bahkan Presiden Joko Widodo pun kini mengikuti jejak Sang Empu Jamu dengan kerap meminum jamu hingga tiga kali sehari dan menjadi minuman hidangan bagi para tamu negara.

Selain itu, prospek industri jamu di dalam negeri masih cukup potensial mengingat Indonesia memiliki beragam tanaman herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

“Dunia usaha yang semakin kreatif didukung berkembangnya pasar online, menjadi salah faktor utama pentingnya peran generasi milenial terhadap industri jamu di Indonesia dan menghidupkan kembali jamu sebagai minuman modern yang inovatif serta menjadi bagian dari lifestyle yang sehat untuk masyarakat Indonesia” kata Kusuma Anjani.