BMM Hadirkan Program Gotong Royong Hadapi Covid-19

Oleh Liputan6.com pada 20 Mei 2020, 02:06 WIB
Diperbarui 21 Mei 2020, 05:31 WIB
BMM Hadirkan Program Gotong Royong Hadapi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan kali ini, sungguh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Musibah pandemi corona Covid-19 yang kian meluas, menimbulkan dampak negatif bagi sebagian besar masyarakat.

Menurunnya roda ekonomi berimbas pada berkurangnya pendapatan masyarakat, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian seperti pekerja informal dan kaum dhuafa lainnya.

Mencermati kondisi tersebut, sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS), Baitulmaal Muamalat (BMM) melalui program “Gotong Royong Hadapi Covid-19” bersinergi dengan Telkomsigma. Mereka memberikan bantuan dalam bentuk sembako bagi mereka yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sinergi tersebut bertujuan untuk meringankan beban saudara-saudara kita, khususnya di masa-masa sulit seperti saat ini. Menurut Galeh Pujonegoro, selaku Kadiv Penghimpunan dan Koordinator Perwakilan Wilayah BMM, senang rasanya dapat bergandengan dalam kebaikan bersama mitra seperti halnya Telkomsigma yang mempunyai semangat yang sama, yakni kepekaan dan kepedulian sosial.

“BMM berkomitmen untuk terus menjalankan program-program kemanusiaan secara konsisten dan berkelanjutan meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19, terlebih momentum Bulan Suci Ramadan seperti menjadi pengingat untuk sepatutnya kita merayakan keberkahan bersama orang-orang di sekitar kita khususnya yang sedang memerlukan bantuan,”terangnya.

BMM bersama Telkomsigma menyalurkan serangkaian bantuan paket sembako kepada total 360 pekerja harian dan dhuafa yang tersebar di tiga lokasi yaitu di Tangerang Selatan, Bogor dan Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan penyaluran dilakukan secara bertahap di masing-masing lokasi.

Pertama, bantuan disalurkan pada 18 Mei 2020 di wilayah Kelurahan Lengkong Gudang, Serpong – Tangerang Selatan kepada 200 kepala keluarga (KK) yang menjadi penerima manfaat.

Pada rangkaian selanjutnya, bantuan disalurkan pada 19 Mei 2020 di daerah Sentul, Bogor – Jawa Barat, diantaranya di Desa Pasir Maung, Desa Citaringgul Banceuy, Desa Citaringgul Cipicung, Desa Citaringgul Kidul, dan Desa Citaringgul Lebak. Sebanyak total 60 KK mendapatkan bantuan di beberapa wilayah desa tersebut.

BMM Hadirkan Program Gotong Royong Hadapi Covid-19
BMM Hadirkan Program Gotong Royong Hadapi Covid-19. foto: istimewa

Sedangkan bantuan yang disalurkan di wilayah Yogyakarta yaitu sebanyak 100 KK, tepatnya kepada warga yang berada di daerah Giri Mulyo, Kulonprogo dan Wates, Yogyakarta yang dilaksanakan pada 22 Mei 2020.

Ketiga rangkaian acara penyerahan bantuan sembako tersebut dilakukan oleh perwakilan BMM dan Telkomsigma, yang disambut dengan sangat antusias oleh warga yang memang sangat membutuhkan bantuan.

“Sinergi Telkomsigma bersama BMM merupakan bentuk komitmen kami untuk terus membantu saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan ekonomi di tengah terpaan pandemi covid-19 saat ini. Tentunya, sinergi ini juga dimaksudkan agar penerimaan bantuan dari kami menjadi semakin akurat dan bermanfaat bagi masyarakat secara luas” ucap Sihmirmo Adi, CEO Telkomsigma.

Diharapkan dengan adanya sinergi program antara BMM dan Telkomsigma kali ini dapat menjadi contoh dan menginspirasi seluruh lapisan masyarakat untuk terus menghidupkan semangat gotong-royong membantu saudara-saudara kita yang kesulitan untuk bertahan hidup di masa resesi seperti saat ini.

Terlebih lagi, di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, yang bisa dijadikan sebagai momentum dalam berbuat kebaikan. Bukan hanya untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama, namun semoga apa yang kita ikhtiarkan bersama mendapatkan ganjaran pahala yang berlipat ganda dari Allah Taála. Amin.

Video Pilihan Hari Ini

Cegah Corona, Begini Cara Sterilkan Pesawat dengan Sinar UV