Sukses

Ketahui Kesalahan yang Kerap Terjadi Selama Kerja dari Rumah

Tanpa disadari, beberapa kesalahan ini sering dilakukan ketika kerja dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Guna menekan jumlah kasus penyebaran corona Covid-19, masyarakat diimbau untuk melaksanakan beragam kegiatan mulai dari belajar, bekerja, hingga beribadah dari rumah. Terbiasa beraktivitas di luar rumah, kerja dari rumah membutuhkan beragam hal yang perlu diperhatikan.

Namun terkadang tanpa disadari, orang-orang kerap membuat kesalahan saat kerja dari rumah. Apa saja kesalahan itu? Laura Mae Martin selaku pakar produktivitas Google menyampaikan tanggapannya.

"Kerja dari rumah bukan berarti bekerja sepanjang waktu. Jadi, ketika Anda mengundang pekerjaan ke rumah Anda, anggap itu sebagai tamu," kata Laura dalam sebuah bincang online, beberapa waktu lalu.

Laura melanjutkan, jika mengundang tamu di rumah selama beberapa bulan, pada dasarnya yang Anda lakukan dengan pekerjaan, Anda tidak akan mengundang tamu ke kamar Anda atau menghabiskan sepanjang hari dengan tamu.

"Inilah sebabnya mengapa penting untuk membangun batasan Anda dan mempertimbangkan waktu Anda," lanjutnya.

Ia juga menyebut untuk berhati-hati dengan beragam perangkat yang dimiliki yang ada di tempat seperti kamar tidur atau ruang relaksasi, tidak mematikannya, dan bekerja terlalu banyak.

"Jika Anda harus bepergian secara normal, masih "bepergian", membaca buku dan memiliki waktu untuk mulai dan selesai bekerja. Jangan langsung bekerja begitu Anda bangun," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaatkan Waktu

Di sisi lain, di tengah pandemi ini, tak jarang merasa kemerosotan dalam diri. Laura membagikan tips untuk tetap termotivasi dan menyelesaikan tugas meski sedang dalam kondisi krisis seperti saat ini.

"Penting untuk diketahui bahwa itu normal dan kita semua manusia. "Dalam kemerosotan" juga dapat didefinisikan sebagai "dalam energi yang berbeda dari biasanya"" tambahnya.

Laura melihat, terkadang tahap kemerosotan merupakan awal dari kreativitas yang sulit untuk dimanfaatkan.

"Suatu hari Anda akan melihat kembali hal ini dan berkata, "Ingat bahwa saat COVID-19 ketika saya sedang bekerja dari rumah dan memiliki begitu banyak waktu dengan keluarga saya dan atau sendirian?" Apa yang ingin Anda capai selama waktu itu, sekarang adalah kesempatan Anda," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini