Buat Gerakan untuk Lansia di Bulan Ramadan, Heinz ABC Target Donasikan Rp7,5 Miliar

Oleh Dinny Mutiah pada 18 Mei 2020, 16:02 WIB
Diperbarui 18 Mei 2020, 16:02 WIB
Ilustrasi lansia (iStock)
Perbesar
Ilustrasi lansia (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - PT Heinz ABC Indonesia sejak pertengahan April 2020 lalu resmi meluncurkan Gerakan untuk Lansia di Bulan Ramadan. Gerakan tersebut bertujuan mendukung para lansia selama situasi pandemi corona Covid-19.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, lansia dinyatakan sebagai kelompok rentan terinfeksi virus corona Covid-19. Mereka membutuhkan nutrisi yang lebih untuk membantu menjaga imunitas.

Heinz ABC menggandeng jaringan minimarket dan Foodbank of Indonesia (FOI) untuk melaksanakan gerakan tersebut. Steven Debrabandere, Managing Director Kraft Heinz ABC Indonesia dan Papua Nugini, menerangkan lewat insiatif tersebut, masyarakat diajak berdonasi lewat pembelian produk.

"Gerakan Untuk Lansia di Bulan Ramadhan yang kami buat bertujuan untuk mendukung lansia di bulan Ramadan, di saat pandemi ini terjadi. Kami juga ingin untuk mengajak publik menyebarkan kebaikan selama bulan Ramadan," ujarnya.

Dengan membeli produk ABC di Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret, konsumen akan membantu Heinz ABC menyumbangkan Rp1.000. Program ini akan berlangsung hingga 31 Mei 2020.

"Heinz ABC akan mendonasikan Rp7,5 miliar bagi para lansia selama musim pandemi ini," kata Steven. 

Lansia merupakan salah satu fokus dari Foodbank of Indonesia (FOI). FOI bergabung di gerakan sosial ini untuk memastikan bahwa semua donasi yang telah dilakukan dengan pembelian produk Heinz ABC di Alfamart, Alfa Midi, dan Indomaret diberikan kepada pihak yang tepat.

2 dari 3 halaman

Habiskan Atau Berbagi

Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Berdasarkan data Worldometers, risiko kematian akibat virus Covid-19 paling tinggi dialami lansia di atas 80 tahun mencapai 21,9 persen. Ketentuan jaga jarak membuat lansia yang rentan semakin sulit mendapatkan pangan yang layak.

Dalam keterangan yang diunggah Foodbank of Indonesia, 17 April 2020, lembaga swadaya itu saat ini mendampingi lebih dari 1.300 lansia di berbagai wilayah dengan asupan pangan yang layak, agar mereka bisa bertahan melewati hari tua dan pandemi ini dengan baik. 

"Melalui kanal dan jaringan yang kami miliki, donasi tersebut akan disalurkan ke delapan wilayah di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Solo, DI Yogyakarta, Surabaya, dan Pasuruan," ujar Hendro Utomo, Pendiri FOI.

FOI mengingatkan agar masyarakat terus mempraktikkan gerakan tak menyia-nyiakan makanan. Di tengah pandemi, bijak mengonsumsi makanan semakin diperlukan demi ketahanan pangan. Bila berlebih, bisa disisihkan untuk dibagikan kepada sesama.

"Maka dari itu, yuk biasakan makan sahur dan berbuka dengan #secukupnya ya," unggah salah satu keterangan tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓